10 Daerah di Sultra Raih Anugerah Peduli HAM

Dua dari 10 kepala daerah di Sultra yang tadi siang menerima penghargaan anugerah peduli HAM 2017 dari Menkum HAM, Yasona Laoly. Mereka adalah Adriatma Dwi Putra, Wali Kota Kendari (kiri) dan Surunuddin Dangga (kanan), Bupati Konsel

LENTERASULTRA.com-Kementerian Hukum dan HAM rupanya giat memantau kinerja pemerintah di daerah terkait penghargan terhadap hak-hak asasi manusia. Di Sultra, cukup banyak juga yang dianggap sangat menghargai pluralisme, menjamin pemenuhan hak-hak hidup warga dengan berbagai program.

Saat peringatan puncak Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-69 di Solo, Minggu (10/12) tadi, Kemenkum HAM mengumumkan daerah-daerah di Indonesia yang sangat peduli terhadap HAM. Nah, di Sultra ada 10 daerah yang dianggap sangat humanis. 10 daerah itu adalah Kota Kendari, Konawe Selatan, Kolaka, Konawe Kepulauan, Buton, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Bau-Bau.

Penghargaan dengan nama Anugrah Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) diserahkan Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly kepada para kepala daerah yang bersangkutan, di acara yang turut dihadiri Presiden Jokowi. Khusus Kota Kendari, masuk urutan ke 6 secara nasional dari 515 kabupaten/kota yang telah berpartisipasi dan menyampaikan data capaian terkait dengan pemenuhan HAM.

“Kita bersyukur Kota Kendari bisa menerima satu lagi penghargaan ini,” ungkap Walikota Kendari, Adriatma Dwi Putra. Katanya, hal yang paling penting dari itu adalah bagaimana mempertahankan serta meningkatkan kepedulian Pemkot terhadap HAM kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Kendari ini.

Sementara itu, Konawe Selatan juga punya kebanggan serupa. Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, juga hadir langsung menerima penghargaan itu dampingi Kabag Hukum Pujiono, Kabag Humas, Hermawan, Kabag Umum Djaya Suharianto.

“Patut kita berbangga dengan penghargaan ini yang pertama kali kita raih sejak berdirinya Konsel, dan bukti keseriusan dalam mewujudkan kewajiban dan tanggung jawab Pemda Konsel dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM,” kata Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga usai menerima penghargaan.

Katanya, ini sejalan juga dengan tagline daerah yakni “Desa Maju Konsel Hebat” untuk melindungi dan menerapkan produk-produk hukum kepada masyarakat terkait isu peduli HAM.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Konsel Pujiono, mengungkapkan penghargaan itu diraih karena Konsel dinilai berhasil membangun kesadaran masyarakat akan produk hukum, dengan terpenuhinya 7 aspek kriteria mulai dari hak atas kesehatan, pendidikan, Perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.(isma)

HAMpenghargaan