2018, Wakatobi Kebut Pembangunan Infrastruktur

Sekretaris Kabupaten Wakatobi, Muh Ilyas Abibu

LENTERASULTRA.com-Jadi salah satu daerah utama tujuan wisata di Indonesia membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi harus putar otak memoles daerahnya agar terlihat menarik dan siap dari sisi infrastruktur. Jalan-jalan utama termasuk pelabuhan di daerah itu jadi fokus pembenahan di tahun 2018 nanti.

“Dari sekitar Rp 800 miliar APBD kita tahun 2018 nanti, ada Rp 180 miliar dialokasikan untuk infrastruktur, Rp 80 miliar diantaranya untuk perbaikan jalan dan jembatan di berbagai titik di Wakatobi,” jelas Muh Ilyas Abibu, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Wakatobi saat ditemui Rabu (6/12) siang.

Selain fokus perbaikan jalan dan jembatan, sektor perhubungan juga dilirik sebagai sesuatu yang prioritas. “Makanya kita siapkan anggaran Rp 30 M untuk membangun sarana perhubungan laut khususnya beberapa dermaga vital,” kata Ilyas.

Salah satu yang bakal dibenahi adalah Pelabuhan Marina yang ada di Jalan By Pass, Wangi-wangi. Pelabuhan yang dibangun untuk lokasi tambat labuh kapal-kapal khusus para pelancong asing itu bakal diperlebar. “Khusus untuk pelabuhan marina itu, alokasinya Rp 16 M, sumbernya dari DAK dan DAU,” tandas Sekab.

Dana sebesar itu, menurut Ilyas dirasa belumlah maksimal untuk membuat pelabuhan Marina seperti yang diestimasi. Mantan Kepala Bapedalda Buton itu menyebut, Pelabuhan Marina butuh setidaknya Rp 30 M lagi agar bisa sempurna seperti desainnya.

Dana itu bisa untuk perbaikan jalan By Pass yang menghubungkan kawasan Marina dengan Pelabuhan Pangulubelo, Wangi-wangi. Penambahan jalannya mencapai 2 kilo meter. Dengan bantuan APBD Provinsi sebesar 20 milyyar. “Jadi kita tata dulu kawasannya. Kalau tidak dilanjutkan, Marina ini tidak akan berfungsi,” ujarnya. (gayus)

infrastrukturWakatobi