Memoles Wajah Kusut Kantor Bupati

Sebagai perempuan, Hj Sitti Saleha paham betul soal estetika dan keindahan. Sejak menjadi Pj Bupati Bombana, ia merasa ada nilai yang hilang dari Kantor Bupati. Bangunan itu megah, tapi muruahnya tak terjaga. Pagar tak ada, hingga pelatarannya jadi tempat ternak berkeliaran bebas. Kendaraan para pamong praja yang bekerja di tempat itu, seringkali berbagi tempat dengan gerombolan sapi.

Naluri sebagai seseorang yang mencintai keindahan pun disalurkannya dalam karya. Lewat APBD 2017, ia mengajukan anggaran untuk melakukan perbaikan di berbagai sudut “istana” daerah itu. Dari total Rp 170 M, pembangunan infrastruktur, ada yang dialokasikan untuk memoles kawasan Kantor Bupati Bombana.

Ia memulai dengan melakukan pengaspalan mulai pintu masuk sampai keluar kantor. Selain itu, dia juga melakukan pemagaran keliling di depan hingga samping kantor Bupati. “Kalau tidak dipagar, hewan ternak bebas keluar masuk disini (kantor Bupati). Begitu juga dengan jalan masuk kantor Bupati, saya programkan untuk diaspal, agar tamu dan masyarakat yang berurusan di kantor Bupati merasa nyaman,” Hj Saleha mengajukan alasannya.

Kantor Bupati yang seperti kehilangan muruah, dipoles Hj Sitti Saleha. ia memantau terus pekerjaan pembangunan pagar

Kini lihatlah wajah baru kawasan itu. Pembangunan bergeliat. Bukan hanya yang baru dibangun, bupati perempuan pertama di Sulawesi Tenggara itu, juga memoles dan mempercantik beberapa bangunan yang sudah lama tidak tersentuh. Khusus untuk pembangunan infrastruktur baru, Sitti Saleha tidak hanya fokus membangun disatu titik saja, tapi hampir semua lahan yang selama ini “tidur” di tempat berkantornya itu, turut dipoles.

Di halaman depan kantor Bupati tepatnya di pinggir jalan poros misalnya, Sitti Saleha memperbaikinya dengan membangun pagar, disamping rumah penduduk juga dibatasi dengan pagar keliling setinggi dua meter. Tidak hanya itu, disisi kantor Bupati tepatnya di sebelah kiri pintu masuk, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra ini juga membangun dan menata taman serta sarana olahraga.     “Untuk pembangunannya (taman dan sarana olahraga) kami siapkan lahan sekitar dua hektar,” kata Sitti Saleha, saat memantau langsung pembangunan taman dan sarana olahraga disisi kiri kantor Bupati Bombana, belum lama ini.

Menurut Sitti Saleha, diatas lahan 2 hektar itu ada beberapa item yang akan dibangun. Untuk tahun 2017 ini, dia sudah memporsikan anggaran pembangunan lapangan futsal, basket dan tenis. Saat ini, proses pekerjaannya tiga infrastruktur ini sementara berjalan dan sudah mencapai progres sekitar 30 persen. Kedepannya, juga akan dibangun beberapa sarana olahraga lain mulai lapangan voli, kamar ganti, kantin hingga area parkir.

Sitti Saleha menata halaman mesjid dengan memasangkan paving blok disemua sisinya. Sitti Saleha terus mengawasi progres pengerjaanya

Sementara disisi kanan kantor Bupati, Sitti Saleha juga tidak luput membenahi mesjid Haqul Yakin. Di rumah ibadah yang dibangun Pj Bupati Bombana Muhammad Hakku Wahab itu, Sitti Saleha menata halaman mesjid dengan memasangkan paving blok disemua sisinya. Sitti Saleha melakukan hal itu, karena dia merasa prihatin melihat pelataran rumah suci itu, selalu berlumpur di musim hujan. “Kalau tidak ditata, halamannya terlihat kotor karena selalu digenangi air dan berlumpur kalau musim hujan. Kasihan jama’ah mesjid kalau datang shalat. Mudah-mudahan, cepat selesai sehingga yang datang ibadah merasa nyaman,” sambungnya.

untuk memastikan program layanan kesehatan tetap on the track, Hj Sitti Saleha selalu menyempatkan diri mengawasi kinerja aparaturnya

Sementara di depan kantor Dinas Pertanian, tepanya disisi kiri pintu keluar kantor Bupati, Sitti Saleha membangun berbagai sarana dan prasarana baru, mulai dari area plasa, joging track serta panggung terbuka, tempat senam serta gazebo. Menurut Sitti Saleha, di beberapa lokasi yang masih kosong di kantor Bupati juga akan dibangun infrastruktur lain. Mantan kepala Dinas Pendapatan Daerah Bombana ini memastikan, semua infrastruktur dasar yang ia programkan itu, akan rampung di tahun 2017 ini dan paling cepat pertengahan tahun ini. (***)

BombanaHj Sitti Saleha
Comments (0)
Add Comment