Pj Bupati Bombana Raih Penghargaan Cerdas Berkarakter

24

 

Pj Bupati Bombana menunjukan plakat dan trophy yang diterimanya dari Kemendikbud Ristek dalam kategori Cerdas Berkarakter. Ini berkat kebijakan-kebijakan yang inklusif di dunia pendidkikan di Bombana. FOTO :KOMINFOS BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Deretan penghargaan atas kinerja luar biasa lagi-lagi diraih Edy Suharmanto. Paling anyar, Pj Bupati Bombana tersebut baru saja menggenggam eulogi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam kategori Cerdas Berkarakter 2024. Prestasi itu diperoleh karena Pemda Bombana dinilai telah melakukan program atau kebijakan strategis dan implementatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Menariknya, hanya ada lima kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan serupa, dan salah satunya adalah Kabupaten Bombana. Selain karena kesuksesan menciptakan lingkungan belajar inklusif, penghargaan itu juga karena Pemda Bombana dinilai telah melakukan program pendidikan berkebhinekaan dan aman dalam segala bentuk kekerasan demi mewujudkan profil pelajar Pancasila yang selama ini digelar Sekretariat Jenderal Kemendikbud Ristek.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto bersama Kadis Pendidikan Bombana, Andi Muh Arsyad usai menerima penghargaan Cerdas Berkarakter dari Kemendikbud Ristek. FOTO :KOMINFOS BOMBANA

 

Apresiasi itu sudah diterima Pj Bupati Edy di Plaza Insan Berprestasi Gedung A, Lantai 1,  Kemendikbudristek, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 7 Oktober 2024. Dengan mengenakan baju batik berwarna emas, suami Aeni Mutmainnah itu menerima lembaran penghargaan bertuliskan kategori pemerintah kabupaten/kota berkarakter Cerdas berperstasi dan piala bertuliskan apresiasi cerdas berkarakter tahun 2024.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Khusus di tahun 2024 ini, hanya 15 provinsi, kabupatan dan kota di seluruh Indonesia yang menerima apresiasi kategori Pemerintah daerah Cerdas berkarakter. Dari 15 daerah itu, dibagi atas tiga kategori penghargaan. Untuk Pemerintah provinsi cerdas berkarakter diberikan kepada Jawa Timur, Kalimantan Barat, Riau, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

Sementara untuk pemerintah kabupaten dan kota cerdas berkarakter diberikan kepada Kabupaten Buleleng, Kabupaten Bombana, Kota Bontang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Musi Banyuasin. Sedangkan kategori cerdas berkarakter pemerintah kabupaten tertinggal, penghargaannya diserahkan kepada Kabupaten Alor, Kabupaten Donggala, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Pesisir Baratdan Kabupaten Sumba Tengah.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bisa menggengam penghargaan ini. Tidak semua daerah bisa sampai ke level ini, tapi Bombana masuk sebagai salah satu daerah yang menerima,” ucap Edy Suharmanto, Penjabat Bupati Bombana seusai menerima penghargaan tersebut. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri ini bilang, apresiasi yang didapat Pemda Bombana dari Kemendikbudristek itu merupakan peran dan kerja keras semua pihak.

Jajarab pejabat Pemda Bombana berpose bersama usai menghadiri acara pemberian penghargaan dari Kemendikbud Ristek yang acaranya digelar di Plaza Insan Berprestasi Gedung A, Lantai 1, Kemendikbudristek, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 7 Oktober 20. FOTO :KOMINFOS BOMBANA

 

“Prestasi ini karena kerja-kerja kolaborasi banyak pihak di Bombana. ada Pak Sekda, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, guru dan kepala sekolah serta semua staf dan pegawai di Pemda Bombana. Mereka sudah menunjukan dedikasi yang luar biasa di dunia pendidikan. “Ini bukti kerja cerdas dari seluruh komponen organisasi perangkat daerah yang ada di Bombana,” kata Edy Suharmanto kepada lenterasultra.com, Rabu, 9 Oktober 2024.

Suharti, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek mengatakan pemberian penghargaan cerdas berkarakter ini hanya diberikan kepada lima provinsi dan 10 kabupaten dan kota di Indonesia. “Ada tiga kategori yang diberikan. Pemprov cerdas berkarakter, kabupaten dan kota berkarakter dan kabupaten tertinggal cerdas berkarakter,” katanya.

Suriati menambahkan tujuan pemberian apresiasi cerdas berkarakter 2024 ini untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada ekosistem pendidikan untuk mengimplementasikan kebijakan penguatan karakter. Memberikan upaya pengharagaan atas upaya dan inovasi yang dilakukan ekosistem pendidikan untuk mengimpelementasikan kebijakan penguatan karakter secara berkelanjutan serta menyosialisasikan kebijakan penguatan karakter kepada para ekosistem pendidikan berupa praktik baik, inisiasi program, kegiatan dan kebijakan. (ADV)

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU