Besok, 25 Anggota DPRD Bombana Dilantik

145
Aula Tanduale di Kantor Bupati Bombana yang sudah “disulap” sebagai tempat sidang paripurna pelantikan anggota DPRD Bombana periode 2024-2029 yang akan digelar Selasa, 1 Oktober 2024. FOTO : ADHI

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Tugas 25 anggota DPRD Bombana periode 2019-2024, berakhir, tepat 1 Oktober 2024. Jabatan mereka kemudian bakal digantikan oleh para politisi yang terpilih saat Pemilu, Februari 2024 lalu. Pelantikan terhadap 25 orang legislator baru periode 2024-2029 itu dijadwalkan digelar, Selasa (1/10) besok sekira pukul 09.00 Wita, di Aula Tanduale, Kantor Bupati Bombana. Pelantikan itu sekaligus mengakhiri penantian mereka selama tujuh bulan, usai menang Pemilu.

Dari 25 anggota DPRD yang dilantik nanti, 14 diantaranya adalah debutan alias baru pertama kali menjabat wakil rakyat. Sedangkan 11 lainnya, adalah politisi petahana. Mereka tersebar di 8 partai yang berhasil memperoleh kursi hasil Pemilu 2024. “Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD baru ini akan dilakukan hakim senior Pengadilan Negeri (PN) Pasarwajo, Fudianto Setia Pramono, SH,” ungkap Kalvarios Syamruth, Sekretaris DPRD Bombana.

Kepada lenterasultra.com, Kalvarios Syamruth menjelaskan bahwa pelantikan anggota DPRD Bombana, bertepatan waktunya dengan pelantikan anggota DPRD di Kabupaten Buton Tengah, Buton Selatan dan Kabupaten Buton. Di tiga kabupaten ini pelantikan anggota DPRD nya akan dipimpin wakil ketua PN Pasarwajo. Sedangkan di Bombana ditunjuk salah satu hakim senior.

Kalvarios bilang, penunjukan hakim senior untuk melantik anggota DPRD terpilih memang diperbolehkan dalam aturan. Apalagi penunjukannya, sesuai dengan surat dari wakil ketua pengadilan. “Sampai sekarang, PN Pasarwajo belum memiliki pimpinan. Jadi yang melantik anggota DPRD terpilih di kabupaten pemekaran Kabupaten Buton wakil ketua pengadilan dan hakim senior yang ditunjuk pimpinan pengadilan,” katanya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Mantan Inspektur Inspektorat Bombana ini mengungkapkan, sejak tiga hari terakhir, pihak sekretariat dewan sudah menyiapkan proses pelantikan 25 anggota DPRD Bombana periode 2024-2029. “Sudah 90-an persen siap. 10 persennya tinggal pembenahan, seperti persiapan audio dan video serta beberapa persiapan lainnya,” terangnya.

Mantan Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos) Kabupaten Bombana ini bilang, proses pelantikan anggota DPRD Bombana periode 2024-2029 bisa diakses melalui siaran youtube Dinas Kominfos Bombana. Ada delapan rangkaian acara seremoni pelantikan anggota DPRD Bombana yang akan bertugas lima tahun kedepan.

Agenda pertama adalah pembukaan rapat paripurna DPRD oleh pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024, kemudian pembacaan keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara oleh Sekretaris DPRD Bombana, lalu pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 yang dipandu hakim senior PN Pasar Wajo.

Setelah itu acara bakal dilanjutkan dengan pendandatanganan berita acara pengucapan sumpah janji anggota DPRD, kemudian penyerahan pimpinan DPRD Kabupaten Bombana dari pimpinan DPRD periode 2019-2024, kepada pimpinan sementara DPRD secara simbolis dengan penyerahan palu. Acara ditutup dengan sambutan pimpinan DPRD sementara dan sambutan Menteri Dalam Negeri yang akan dibacakan Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto.(adhi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU