PKB Kenalkan Para Calon Bupati Bombana ke Cak Imin

326
Tiga dari empat kandidat Bupati Bombana yang sudah mendaftar di PKB, diudangan khusus untuk mengikuti acara pembekalan dan taaruf Bacakada Wilayah Sulawesi, Papua dan Maluku di Makassar. Dalam kesempatan itu, para kandidata mendapatkan kesempatan berfoto bersama Ketua DPP PKB, Cak Imin sekaligus mengenalkan diri.  Mereka yang hadir (searah jarum jam), Andi Firman, Burhanuddin dan Muh Basri Tahir. FOTO :KOLASE IST

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengenalkan empat bakal calon Bupati Bombana yang sudah mereka terima pendaftarannya. Keempatnya diundang khusus dalam sebuah hajatan bertajuk taaruf dan pembekalan bakal calon kepala daerah zona Sulawesi, Maluku dan Papua yang digelar di Makassar, Minggu (5/5/2024). Secara resmi, mereka dikenalkan ke Ketua DPP PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Meski demikian, hanya tiga orang yang berkesempatan hadir yakni Muhammad Basri Tahir, Andi Firman dan Burhanuddin. Sedangkan Faisal Banong, dikabarkan tidak sempat mengikuti acara yang dimaksud. “Empat orang kami undang karena merekalah yang secara resmi kami terima pendaftaranya. Yang oleh tim desk Pilkada dianggap memenuhi syarat dokumen dan syarat administrasi,” kata Iskandar, Ketua PKB Bombana kepada lenterasultra.com, Senin (6/5/2024).

Dalam acara bertajuk pembekalan dan taaruf bersama Cakada Sulawesi itu, kata Iskandar, yang hadir memang diundang dengan “passwordnya” adalah berita acara penerimaan pendaftaran yang diterbitkan tim desk Pilkada. Tanpa itu, mustahil bisa masuk arena. Mereka yang hadir pun berkesempatan mengenalkan diri ke Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. “Saat ini, hanya empat orang tersebut yang kami anggap akan diusung oleh PKB di Pilkada nanti,” tambah Wakil Ketua DPRD Bombana ini.

Related Posts

Diakui Iskandar, saat penjaringan yang dilakukan pihaknya, setidaknya ada sembilan nama yang mengambil formulir baik itu datang langsung, maupun diwakili. Hanya saja, sampai berakhirnya masa penjaringan, yakni tanggal 30 April 2024, tersisa empat orang yang benar-benar serius ingin membersamai PKB di Pilkada nanti. Mereka inilah yang selanjutnya akan mengikuti mekanisme lanjutan di DPP PKB.

“Untuk menentukan satu nama kandidat, keempat orang ini akan mengikuti pendalaman visi misi di Jakarta. Bakal diundang nanti,” tambah mantan anggota KPU Bombana ini. Dengan demikian, keempatnya memiliki kesempatan yang sama untuk diusung, dan sulit jika ada diluar nama tersebut. Alasannya, semua kandidat yang bisa ikut proses pendalaman di DPP, harus mengantongi berita acara bahwa sudah mendaftar di daerah, dimana Pilkada akan digelar.

Saat ini, kata Iskandar, empat kandidat tersebut dipersilahkan melakukan komunikasi dengan PKB dan meyakinkan DPP tentang kemampuan, kompetenti serta semua yang dibutuhkan untuk memenangkan Pilkada. Bila memenuhi semua kriteria yang disyaratkan partai, maka peluang untuk diajukan jadi calon sangat besar. Di daerah, tugas PKB adalah memenangkan siapapun kelak yang diusung dan direkomendasikan partai.

Seperti diketahui, ada sembilan orang yang dalam catatan panitia penjaringan Pilkada Bombana mengambil formulir. Mereka adalah Burhanuddin, Andi Firman, Faisal Banong, Muhammad Basri Tahir, Sahrun Gaus, Irda Siswanto, Arsyad, Andi Muhammad Khaekal, Arifin Adika. Tapi hanya empat nama yang disebutkan pertama yang mengembalikan semua persyaratan yang dibutuhkan.

PKB sendiri punya empat kursi di DPRD Bombana hasil Pemilu 2024. Butuh satu kursi atau satu tambahan partai yang memiliki minimal satu kursi di DPRD Bombana agar bisa bersama-sama berkoalisi mengusung pasangan calon karena syaratnya minimal 5 kursi. (iza)

 

 

 

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU