Delapan Kombes di Sultra Lulus Sekolah Calon Jenderal

Salah Satunya Kapolresta Kendari

37,348

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Delapan personil Polda Sulawesi Tenggara mendapatkan kado istimewa dipenghujung tahun 2023 ini. Mereka baru saja menerima “tiket” untuk sekolah jadi calon jenderal melalui pendidikan pengembangan pimpinan tinggi (Dikbangpimti). Saat dinyatakan lulus seleksi, delapan polisi yang beruntung itu sedang menduduki sejumlah jabatan penting di jajaran Polda Sultra.

Mereka adalah Kapolresta Kendari, Komisaris besar (Kombes) Muhammad Eka Fathurrahman, Kepala Sekolah Polisi Negara (KA SPN), Kombes Arri Vaviriyantho, Direktur Intelejen dan Kemanan (Dir Intelkam), Kombes Andhika Vishnu, Direktur Narkoba (Dir Narkoba), Raden Bambang Tjahjo Bawono, Direktur Pengamanan Objek Vital (Dir Pamobvit), Kombes Alan Gerrit Abast, Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas), Kombes Jemi Junaidi, Kepala bidang Hubungan masyarakat (Kabid Humas), Kombes Ferry Walintukan dan Kabid Hukum, Kombes La Ode Proyek.

“Yang lulus (Dikbangpimti) tahun ini (2023) cukup banyak. Dari Polda Sultra jumlahnya delapan orang,” kata Kabid Humas Polda Sultra Kombes Ferry Walintukan.  Delapan personil Polda Sultra lulus Dikbangpimti akan menempuh sekolah pendidikan di empat lembaga pendidikan. Empat diantaranya yakni Kombes Arri Vaviriyantho, Kombes Ferry Walintukan, Kombes Andhika Vishnu, Direktur Narkoba (Dir Narkoba), Raden Bambang Tjahjo Bawono dan Kombes Alan Gerrit Abast akan menempuh sekolah calon jenderal di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Sementara Kombes Muhammad Eka Fathurrahman, Kombes Andhika Vishnu dan Kombes Jemi Junaidi akan mengikuti sekolah calon bintang satu di Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti). Sedangkan Kombes La Ode Proyek akan menempuh pendidikan calon jenderal melalui Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA).

Ferry mengatakan, sekolah Dikbangpimti merupakan “tiket” untuk promosi jabatan yang lebih tinggi. Mereka yang dinyatakan lulus, akan diberangkatkan bertahap mulai Januari hingga April 2024. Lama pendidikan yang akan ditempuh berkisar antara 7 sampai 10 bulan. Satu dari delapan PJU Polda Sultra yang lulus sekolah calon jenderal ini dipastikan akan berangkat lebih awal. Dia adalah Kombes Polisi Muhammad Eka Fathurrahman.

Kapolresta Kendari ini sudah dipersiapkan mengikuti Dikbangpimti. Hal ini menyusul surat telegram (ST) mutasi jabatannya yang oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. ST dengan nomor 2750 tanggal 7 Desember 2023, nama Kombes Muhammad Eka Fathurrahman dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Madya, Bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri. Dalam warkat itu, abituren Akademi Kepolisian tahun 1997 yang dekat dengan wartawan ini, dimutasi dalam rangka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-33 Tahun 2024. (adhi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU