Pj Bupati Bombana ; Dilantik Senin, Rabu Berkantor

2,418
Penyematan lambang garuda di dada Edy Suharmanto oleh Pj Gubernur Sultra sebagai tanda dilantiknya Edy Suharmanto sebagai Pj Bupati Bombana. FOTO :YANI KOMINFO BOMBANA

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Lambang garuda kini tersemat di dada Edy Suharmanto. Direktur Manajemen Penanggulangan, Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri itu resmi menyandang jabatan baru yakni Pj Bupati Bombana. Ia dilantik Senin, 27 November 2023 oleh Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto di Kantor Gubernur Sultra di Kota Kendari. Edy ditugasi menggantikan Burhanuddin, yang mendadak dicopot.

Kendati sudah resmi menjadi orang nomor satu di Bombana, Edy belum bisa langsung menuju daerah pimpinannya yang berjarak 196 kilometer dari Kota Kendari tersebut. “Nanti Rabu (29/11/2023) pagi baru beliau masuk Bombana. Masih ada agenda yang harus diselesaikan besok (Selasa),” terang Sekretaris Daerah Bombana, Man Arfa.

Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto (kiri) salam komando dengan Pj Gubernur Sultra Komjen Polisi (P) usai upacara pelantikannya sebagai Pj Bupati Bombana, Senin, 27 November 2023..Foto ; Yani Dinas Komonfo

 

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Rabu pagi nanti, kata Man Arfa, Pj Bupati bersama istri dan keluarga akan bertolak dari Kendari. Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Bombana ini bilang, Pj Bupati diperkirakan tiba di Kasipute sekitar pukul 11.00 Wita. Agenda perdananya adalah bertatap muka dengan tokoh masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan dilanjutkan dengan mengikuti sinkronisasi pembahasan APBD 2024 di gedung DPRD Bombana.

Meski Edy Suharmanto baru pertama kali menginjak kaki di Bombana, pemerintah setempat sudah menyiapkan fasilitas buat Pj Bupati. Untuk tempat tinggal, suksesor Burhanuddin ini tidak lagi tinggal diinapkan sementara di hotel. Pj bupati dan rombongannya, langsung menetap di rumah jabatan bupati yang baru saja dikosongkan, Minggu (26/11/2023) malam lalu.

 

Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto bersama Istrinya, Aeni Mutmainnah. Foto : Yani Dinas Kominfo Bombana

 

Sementara itu, proses pelantikan Edy Suharmanto sebagai Pj Bupati Bombana dipimpin Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto di ruang pola, kantor gubernur. Prosesinya dimulai dengan penyematan tanda pangkat di kedua pundaknya. Lalu dilanjutkan dengan penyematan gobang garuda di di dada kanannya. Legalitas terakhir adalah pemberian Surat Keputusan (SK) pengangkatannya dari Presiden RI, sebagai Pj Bupati Bombana.

Kepada sejumlah wartawan yang menemuinya usai dilantik jadi Pj Bupati, Edy Suharmanto mengaku akan dengan waktu yang tersisa satu bulan di 2023 ini, dia akan meneruskan apa yang menjadi program-program pendahulunya. “Yang utama adalah kita merampungkan pembahasan APBD 2024 dimana batas akhirnya sampai akhir November ini,” ungkapnya.(Adv)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU