Naik Perahu Mesin Tempel, Pj Gubernur Nikmati Akhir Pekan di Pulau Bokori

265
Pj Gubernur Sultra Komjen Pol (P) Andap Budi Revianto (kedua dari kiri) turun dari perahu tempel yang ditumpangi. Kehadiran Andap di Pulau Bokori, Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe Minggu, 15 Oktoner 2023, merupakan kali pertama sejak dilantik jadi Pj Gubernur 5 September 2023 lalu. Foto : Adhi

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Komisaris Jenderal Polisi (P) Andap Budi Revianto menikmati akhir pekan di pantai. Lokasi yang dipilih, Pulau Bokori.  Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara itu, terlihat berada di tempat wisata yang terletak di Desa Bajo Indah, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Minggu, 15 Oktober 2023.

Purnawirawan polisi dengan pangkat terakhir bintang tiga itu, menyebrang ke Pulau Bokori sekitar pukul 10.42 Wita. Andap datang melalui pintu masuk di Desa Bajo Indah. Pj Gubernur terlihat menumpangi perahu motor bermesin tempel, moda transportasi laut yang kerap dipakai masyarakat umum bolak balik ke Pulau Bokori. Andap tidak memakai speed mewah, seperti lazimnya pejabat-pejabat daerah di Sultra saat berkunjung ke Pulau Bokori.

Bahkan saat hendak menyebrang ke pulau berpasir putih itu, Jenderal Andap tidak menumpangi perahu tempel yang sudah disiapkan oleh pengawalnya. Gubernur justru naik di salah satu perahu tempel yang ada di samping perahu yang disiapkan untuknya. Penyebabnya, di depan perahu yang sudah disiapkan sudah terlihat wisatawan lokal hendak naik di perahu itu. “Disini aja, masyarakat sudah antri disitu (perahu motor yang disiapkan untuk Pj gubernur),” kata Andap.

Sekretaris jenderal Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia ini, tidak sendiri ke Pulau Bokori. Kurang lebih 10 orang ikut membersamainya. Satu diantaranya terlihat pria yang selalu melekat kepada Pj gubernur. Pria ini, berpostur tinggi, berbadan tegap, memakai baju putih, celana hitam dengan ransel hitam di belakangnya. Pria berambut cepak ini, kemungkinan Aide De Camp atau ADC Pj gubernur. Meski mendapat pengawalan, Andap terlihat santai, saat berakhir pekan di Pulau Bokori.

Perahu bermesin tempel yang ditumpangi Pj Gubernur Sultra ke Pulau Bokori..Foto : Adhi

 

Andap menginjakkan kaki di pulau berpasir putih dengan luas kurang lebih 8 hektar, sekitar pukul 10.53 Wita. Saat bearada di Pulau Bokorl, Andap tidak hanya menikmati keindahan pasir putihnya, Pj gubernur juga sempat berenang di pinggir pantai Pulau Bokori. Saat berada di Pulau Bokori, Kepala Dinas Pariwisata, Belli, juga nampak mendampingi mantan Kapolda Sulawesi Tenggara itu.

Sekitar pukul 13.30 Wita, mantan Kapolda Kepulauan Riau ini, terlihat meninggalkan Pulau Bokori. Andap kembali dengan menumpangi perahu bermesin tempel menuju Desa Bajo Indah. Kehadiran jenderal Andap di Pulau Bokori, merupakan kali pertama pasca dirinya dilantik menjadi Pj Gubernur Sultra.

Kehadiran Andap di Pulau Bokori tidak banyak yang ketahui. Bahkan sejumlah petugas kebersihan yang sehari-hari bekerja di Pulau Bokori mengaku, tidak mengetahui jika ada orang nomor satu di Bumi Anoa sedang menikmati akhir pekan. “Kita tidak tahu kalau ada gubernur. Nanti kita disuruh membersihkan, baru kita tahu ada Pj. Tapi jangan tulis kita punya nama di pak,” kata salah satu petugas kebersihan yang ditemui di Pulau Bokori, Minggu, 15 Oktober 2023.

Penjabat Gubernur Sultra Komjen Pol (P) Andap Budi Revianto berjalan tanpa alas kaki di jalan setapak yang membentang di pinggir Pantai Bokori. Foto : Adhi

 

Sementara petugas lain bercerita, selama dirinya bekerja di Pulau Bokori, baru pertama kali melihat pejabat yang datang di Pulau Bokori dengan sangat sederhana. Padahal lazimnya selama ini, jika ada pejabat yang berkunjung ke Pulau Bokori, berbagai fasilitas penyambutan sudah disiapkan. Mulai dari penyebrangannya disiapkan speed, hingga berbagai urusan dan kebutuhan lain selamaq berada di Pulau Bokori.

“Ini Pj gubernur, datang dan pulang pakai bodi batang (perahu tempel). Datangnya, tidak juga membawa banyak pejabat, apalagi dilakukan penyambutan dan persiapan yang berlebihan. Sepertinya, orangnya sangat sederhana dan tidak mau merepotkan orang,” kata Arni, salah satu pengunjung Bokori, yang datang hampir bersamaan waktunya dengan Jenderal Andap Budi Revianto.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU