Pj Bupati Bombana Diperiksa Jaksa

3,979
Pj Bupati Bombana, Burhanuddin (membelakang) saat memasuki gedung Kejati Sultra, guna diperiksa sebagai saksi kasus korupsi. Foto : IST

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Fokus Burhanuddin mengurus Kabupaten Bombana sedikit terpecah gara-gara masalah hukum. Jumat (13/10/2023) sore tadi, Pj Bupati Bombana itu mendadak muncul di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra. Ia ternyata harus memenuhi panggilan penyidik di lembaga itu guna diperiksa atas satu perkara korupsi. Ia jadi saksi dari kasus rasuah di Buton Utara.

Ada perkara korupsi pembangunan jembatan Cirauci di Desa Ronta. Kecamatan Bone Gunu , Kabupaten Buton Utara pada tahun 2021 yang tengah diusut jaksa. Saat itu, Burhanuddin masih jadi Kepala kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Provinsi Sultra. “Beliau diperiksa sebagai saksi,” buka Ade Hermawan, Asisten Bidang Intelegen (Asintel) Kejati Sultra.

Burhanuddin tiba di gedung Kejati Sultra sekitar pukul 16.31 Wita. Dia datang dengan menumpangi mobil fortuner hitam DT 1529 SE. Burhanuddin datang dengan memakai baju kemeja putih dan celana panjang hitam. Sampai pukul 17.50 Wita, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sultra itu masih berada di gedung Kejati Sultra. Burhanuddin nampak datang sendiri dengan mengenakan stelan pakaian hitam putih.

Kendaraan yang dipakai Pj Bupati Bombana saat hadir di Kejati Sultra, sore tadi–Foto :IST

 

Asintel, Ade Hermawan menjelaskan dalam kasus ini, penyidik Kejati Sultra sudah menetapkan dua orang sebagai tersangka dan sudah dilakukan penahanan. “Untuk yang ditetapkan tersangka berinisial TUS Direktur CV Bela Anoa  dan R Peminjam Bendera,” sambungnya.

Dia menambahkan bahwa total anggaran dalam pengerjaan jembatan tersebut sebesar Rp 2,1 Miliar di Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Provinsi Sultra. “Dana baru uang muka yang sudah cair namun sampai akhir pengerjaan hanya 2 persen yang terealisasi,” ungkapnya.

Sumber di Kejaksaan Tinggi Sultra menyebutkan, sebelum menghadiri panggilan pemeriksaan di Kejati Sultra, Burhanuddin dikabarkan baru saja tiba dari Jakarta.(*)

Laporan : Ano

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU