Pemkab Kolut Bedah 25 RTLH dan Lima Rumah Korban Bencana Alam

97
Salah satu rumah yang dibedah tahun ini di Kolaka Utara. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) tahun ini bakal membedah 20 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di daerah itu. Lima unit lainnya yang turut mendapat bantuan merupakan hunian terdampak bencana alam 2022.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kolut, Drs. Samsuddin menjelaskan 20 unit bedah rumah yang menjadi sasaran berpusat di Desa Sapoiha Kecamatan Watunohu.

Sementara untuk bantuan perbaikan rumah terdampak bencana alam 2022 sebanyak lima unit tersebar di sejumlah titik. “25 unit ini siap kami realisasikan tahun ini juga,” ujarnya usai menghadiri rapat dengar pendapat (RDP) di Kantor DPRD Kolut, Senin (6/3/2023).

Khusus bedah rumah, per unitnya dibiayai senilai Rp20.000.000 melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sedangkan khusus lima unit rumah terdampak bencana nominalnya berfariasi sesuai tingkat kerusakan dengan batas maksimal Rp15.000.000.

“Kami juga dijanji bantuan serupa dari Komisi III DPRD Kolut melalui dana aspirasinya. Semoga terwujud,” harap Samsuddin mengingatkan.

Berdasarkan RTLH, jumlah hunian yang perlu dibedah mencapai lebih dari seribu unit. Karena keterbatasan dana, pihaknya merealisasikan berdasarkan skala prioritas sesuai tingkat ketidak layakannya.

“Sebelum dibedah kami validasi ke rumah sasaran untuk memastikan rumah yang dibantu benar-benar layak mendapat bantuan dan tepat sasaran,” ujarnya.

Program tambahan sementara disusun berupa rencana pencegahan dan peningkatan perumahan dan pemukiman kumuh. Hal itu diharapkan bisa terakomodir hingga bisa berdampak luas dan tertangani dalam jumlah yang lebih banyak.

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU