Lima Bulan Menjabat, PJ Bupati Bombana Melancong ke Amerika

10,176
Pejabat Bupati Bombana, Burhanuddin menggenggam tangan istrinya, Fatmawati Kasim Marewa akan melewati ambal merah yang disiapkan di depan rumah jabatannya saat menginjakan kaki perdana di Kabupaten Bombana, Senin, 29 Agustus 2022. Foto : FB Diskominfos Bombana
Related Posts

PKS Menang Besar di Dapil Kabaena

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM – Upaya Penjabat (PJ) Bupati Bombana Burhanuddin mencegah inflasi patut diapresiasi. Berbagai program demi menekan kemerosotan nilai uang dan naiknya harga Barang-barang terus dilakukan.

Mulai dari rapat sekali setiap pekan, menggelar pasar murah di seluruh kecamatan, menyiapkan transportasi murah, hingga terbaru meluncurkan program satu hektar tanah satu organisasi perangkat daerah (OPD).

Namun upaya Burhanuddin menekan inflasi tidak sejalan dengan kenyataan di lapangan. Bayangkan, dengan beragam upayanya mencegah inflasi, PJ Bupati Bombana ini justru melancong ke Amerika Serikat.

Burhanuddin sudah meninggalkan Bombana sejak Minggu, 5 Februari 2023 menuju Kendari. Empat hari kemudian, tepatnya Kamis, 9 Februari, Dia sudah terbang ke Negara pimpinan Joe Biden melalui bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Keberangkatan Burhanuddin ke Abang Sam, bertepatan dengan lima bulan dia menjabat sebagai PJ Bupati Bombana. Kepergiannya di Amerika mencatatkan dirinya sebagai PJ Bupati sekaligus kepala daerah pertama Bombana yang menginjakkan kaki di Amerika Serikat.

Keberangkatan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara ini di Amerika Serikat, dikemas dalam kegiatan New York Indonesia Fashion Week (NIFW). Agenda utama kunjungan Burhanuddin ke negara pimpinan Joe Biden itu, untuk menampilkan motif tenun Bombana.

Acara NIFW ini merupakan salah satu program dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bombana. Di otorita pimpinan Burhanuddin, lembaga non pemerintah ini dipimpin istrinya, Fatmawati Kasim Marewa sebagai Penjabat (PJ).

Dengan begitu, keberangkatan Burhanuddin ke Abang Sam tidak sendiri. Istrinya, Pj Ketua Dekranasda Bombana, turut melancong ke Benua Amerika. Tidak hanya itu, nama Anisa Sri Prihatin, turut membersamai PJ Bupati dan istrinya berpelisir ke Benua terbesar kedua di dunia itu.

Di kabinet PJ Bupati Burhanuddin, Anisa Sri Prihatin tercatat sebagai Kepala Dinas Pariwisata. Keberangkatannya ke Abang Sam, juga turut mempromosikan motif tenun Bombana ke kancah internasional. Selain itu, program dan anggaran NIFW Dekranasda ini, melekat di Dinas Pariwisata, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pimpinan Anisa.

Selain tiga nama ini, Janariah dikabarkan juga turut mendampingi PJ Bupati dan PJ Ketua Dekranasda. Janariah merupakan Kadis Pariwisata di era Bupati Bombana Tafdil, dan telah purna bakti sebagai Aparatur Sipil Negara diakhir tahun 2021 lalu. Belum diketahui pasti apa status Janariah saat berangkat ke Abang Sam. Yang pasti, sebulan setelah Dia purnabakti, Bupati Tafdil saat itu memberinya jabatan sebagai  tenaga ahli bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Anisa Sri Prihatin tidak nyambung menjawab saat ditanya rencana keberangkaan ke Amerika Serikat. “Saya anukan kita di. Masih anu, sebentar,” jawab Anisa saat ditanya rencana keberangkatan ke Amerika Serikat dalam acara fashion week Selasa, 24 Januari 2023 lalu.

Ditanya apa Anisa tidak tau rencana keberangkatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata ini menjawab “bukan tidak tau to, tapi tunggu dulu. Itu kan real cost. Lagian belum jelas juga, masih proses,”. Saat ditanya berapa anggarannya, Anisa mengaku akan menghadap lebih dulu kepada Sekretaris daerah Bombana.

Ditemui usai bertemu Sekda Bombana Man Arfa, Anisa masih agak tertutup menjawab konfirmasi lenterasultra. “Tunggu dulu, sabar, sabar,” kata Anisa. Namun begitu didesak, Anisa baru menjawab jika kunjungan ke Amerika Serikat dalam rangka promosi daerah. Yang dipromosikan motif daerah Bombana yang sudah go Internasional.

Siapa yang berangkat ke Amerika? Anisa mengatakan, sesuai rencana empat orang. Penjabat Bupati, Ketua Dekranasda, Kadis Pariwisata dan tenaga ahli pariwisata dan ekonomi kreatif. Belum diketahui siapa tenaga ahli pariwisata, karena sumber di Pemda Bombana mengatakan sampai kemarin, belum ada surat keputusan pengangkatan tenaga ahli pariwisata. “Kalau ibu Janariah, sepengetahuan saya masih tenaga ahli pemberdayaan perempuan dan anak,” kata sumber ini.

Penulis dan editor : Adhi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU