2.270 Tenaga Non ASN Dan 10. 242 Pekerja Rentan di Mubar Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

113
Penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis di Kabupaten Muna Barat. Sry Wahyuni

 

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 2.270 tenaga non ASN dan 10. 242 pekerja rentan Kabupaten Muna Barat resmi dilindungi BPJS Ketenagakerjaan sejak Rabu, 1 Februari 2023.

Hal itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis kartu peserta oleh Pj Bupati Mubar Bahri kepada beberapa warga Mubar sebagai perwakilan yang dilaksanakan di gedung aula Kantor Bupati. Penyerahan tersebut juga turut disaksikan oleh Direktur Kepesertaan BPJS RI, Zainuddin dan jajaran forkopimda, perangkat daerah, camat dan kepala desa se-kabupaten Mubar.

Direktur Kepesertaan BPJS RI, Zainuddin menyampaikan Jamsostek merupakan salah satu langkah yang tepat bagi pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan ekstrim pada satu daerah. Hal itu dikarenakan program tersebut dapat berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan kerja.

Ia menjelaskan prosedural kerja Jamsostek lebih pada memberi santunan guna meringankan beban keluarga korban untuk meneruskan kehidupan. “Misalnya seseorang meninggal dunia karena mengalami kecelakaan saat bekerja maka melalui Jamsostek penghasilan almarhum akan tergantikan melalui jaminan tersebut. Dan jaminan berupa santunan itu nantinya diberikan kepada ahli waris berupa uang dan beasiswa untuk anak korban,” terangnya

“Namun Jika ia tidak ikut Jamsostek maka tidak santunan untuk keluarga si korban sehingga keluarga yang ditinggalkan bisa jadi jatuh miskin karena tidak ada modal untuk usaha ataupun sebagai penyambung hidup,” sambungnya.

Semntara itu Penjabat Bupati Muna Barat Bahri mengaku telah bekerjasama dan mendaftarkan tenaga non ASN dan masyarakat miskin dalam jaminan sosial ketenagakerjaan untuk dua program. Yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Hal itu dilakukan dalam rangka menindak lanjuti Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2021 tentang ketenaga kerjaan.

“Melalui APBD, Pemda Mubar telah memberi jaminan kecelakaan kerja dan kematian dengan mendaftarkan 2.270 Tenaga Non ASN Dan 10.242 pekerja rentan ke BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kunjungan Direktur Kepesertaan BPJS RI, Zainuddin di daerah tersebut juga dalam rangka meyerahkan penghargaan kepada pemerintah daerah Kabupaten Muna Barat atas capaian sebagai daerah pertama pendaftar Jamsostek terbanyak.

 

Reporter : Sry Wahyuni
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU