Polres di Polda Sultra Bertambah Dua, Kapolresnya Pejabat dari Reskrim Akpol Tahun 2002 dan 2003

4,082
Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Sultra Kompol Tiswan. Foto : Istimewa

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Menjelang akhir tahun, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) kerap memberikan sejarah baru di jajaran Polda Sulawesi Tenggara (Sultra). Di era Tribrata 1 (TB1) saat ini, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polda Sultra memiliki tambahan dua Polisi resort (Polres) di daerah otonom baru (DOB).

Dua DOB di Sultra yang memiliki Polres masing-masing terletak di wilayah kepulauan dan daratan. Kedua Polisi resort itu yakni Polres Buton Tengah dan Polres Kolaka Timur. Kapolri bahkan telah menunjuk dua pejabat utama dari Direkterorat Reserse dan Kriminal (Ditreskrim) Polda Sultra sebagai Kepala Polisi resort  (Kapolres) pertama di dua Polres baru tersebut.

Di Kabupaten Buton Tengah, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yanna Nurhandiana S.H.,S.I.K.,M.Si sebagai Kapolres Buton Tengah pertama. AKBP  Yanna Nurhandiana merupakan abituturien Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002. Saat ini, Yanna menjabat sebagai Kasubdit 2, Direktorat  Reserse dan Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sultra.

Sementara di Kabupaten Kolaka Timur, Kapolri memberikan amanah kepada AKBP Yudhi Palmi DJ, S.I.K.,M.Si sebagai Kapolres Kolaka Timur perdana. AKBP Yudhi Palmi merupakan Alumni Akpol tahun 2003. Dia menjabat sebagai Kasubdit 1 Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sultra. Penunjukan dua Kapolres baru di jajaran Polda Sultra, bersamaan dengan rotasi dan mutasi besar-besaran yang dilakukan Kapolri di jajaran Mabes Polri.

-IKLAN-

Penunjukan Kapolres Buton Tengah dan Kolaka Timur tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor ST/2774/XII/KEP/2022 hingga ST/2777/XII/KEP/2022 tertanggal 23 Desember 2022. Warkat yang ditandatangani Asisten Sumber Daya Manusia Polri Irjen Pol Wahyu Widada juga memuat mutasi dan rotasi sejumlah pejabat utama di jajaran Polda Sultra.

Kepala Sub bidang (Kasubbid) Penerangan Masyarakat (Penmas) Bidang Humas Polda Sultra Kompol Tiswan membenarkan pembentukan dua Kapolres baru di jajaran Polda Sultra. Mantan Wakapolres Bombana ini bilang, kedua Polres yang baru terbentuk itu yakni Polres Kolaka Timur dan Polres Buton Tengah. “Ada beberapa PJU (Pejabat Utama) Polda Sultra dan Kapolres berganti. Termasuk penunjukan dua Kapolres baru,” ungkap Tiswan, Sabtu malam, 24 Desember 2022.

Dipenghujung tahun 2019 lalu, disaat Kapolri dijabat Jenderal Idham Azis, Polda Sultra, juga mengalami penambahan dua Polres.  Kedua Polres tersebut yakni Polres Konawe Utara dan Polres Buton Utara. Dengan tambahan Polres Buton Tengah dan Kolaka Timur, maka Polda Sultra memiliki 14 Polisi resort yang tersebar di 14 Kabupaten dan Kota.

Belasan Polres itu terdiri dari 1 Polresta dan 13 Polres. 14 Polisi resort itu yakni, Polresta  Kendari, Polres Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Muna, Buton Utara, Buton, Baubau, Wakatobi, Bombana dan Polres Buton Tengah.   Hingga akhir tahun 2022 ini, sisa tiga Kabupaten di jajaran Polda Sultra yang belum memiliki Polres. Ketiga wilayah itu semuanya DOB. Tiga Kabupaten itu yakni,  Konawe Kepulauan, Muna Barat dan Buton Selatan.

Penulis dan editor : Nuryadi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU