PJ Bupati Bawa Artis di Talaga Raya, Ketua DPRD Buteng : Penduduk Talaga Butuh Program Pembangunan

573
PJ Bupati Buteng, Muhammad Yusuf kunker di Talaga Raya. Yusuf membawa salah satu artis ibu kota untuk tampil di Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah. Tampak salah satu artis saat menghibur warga Talaga Kamis malam. Foto : Ist

 

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM- Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara, Muhammad Yusuf, kunjungan kerja di Kecamatan Talaga Raya, Kamis – Jumat, 17 dan 18 November 2022. Agenda Muhammad Yusuf di wilayah kepulauan itu, dalam rangka menyerahkan bantuan kepada masyarakat dan pemerintah kecamatan di Talaga Raya.

Namun kunjungan kerja Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat sorotan dari ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng, Bobi Ertanto. Penyebabnya, saat Muhammad Yusuf berkunjung di Talaga Raya, dia tidak hanya memboyong sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya, namun juga membawa artis ibu kota.

“Saya ini lahir dan besar serta terpilij menjadi wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Talaga Raya. Penduduk di Talaga Raya itu tidak membutuhkan artis ibu kota, yang mereka inginkan adalah bagaimana wilayah kepulauan itu mendapatkan program pembangunan agar daerah itu tidak terisolir,” kata Bobi – sapaan akrabnya-.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini bilang, masyarakat Talaga Raya saat ini masih sangat memimpikan penerangan listrik 1 x 24 jam. Selama ini, fasilitas penerangan dari PLN hanya bisa dinikmati 1 x 12 jam. Tidak hanya itu, penduduk di Kecamatan Talaga Raya merindukan talud pemecah ombak. Ini sangat dibutuhkan, karena daerah itu berada di tengah-tengah laut lepas yang rawan dengan bencana alam. Terutama jika musim barat tiba.

-IKLAN-

Tidak sampai disitu, masyarakat Talaga Raya membutuhkan peningkatan pelayanan air bersih. Bayangkan, sejak Talaga masih berada di dalam wilayah Kabupaten Buton, hingga masuk di Kabupaten Buton Tengah, masalah air bersih ini menjadi masalah serius. Selama bertahun-tahun, penduduk Talaga Raya menggantungkan hidup air bersih dari Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana. “Penduduk Talaga Raya, juga memimpikan infrastruktur jalan yang mulus,” kata Bobi Ertanto, via ponselnya, Jumat pagi, 18 November 2022.

Selain itu, masyarakat Talaga Raya butuh transportasi laut yang memadai. Untuk mendukung konektitivitas dari Talaga Raya menuju daratan Buton Tengah, penduduk Talaga Raya mengharapkan kehadiran kapal veri Roll On Roll Of (Roro). Keberadaan kapal veri roro ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di wilayah kepulauan itu. “Masih banyak program yang dibutuhkan masyarakat Talaga Raya. Dari pada membawa artis mendingan bawakan mereka program,” protes Bobi.

Ketua DPRD Buteng ini bilang kunker PJ Bupati di Talaga Raya dengan membawa artis dengan niat menghibur masyarakat di kepulauan tersebut, namun menurut Bobi, hal itu sangat keliru karena yang diharapkan penduduk di daerah pemilihannya itu prorgram real sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat Talaga Raya. “Belum tepat masyarakat Talaha dibawakan artis, yang dibawa salah satunya seharusnya program listrik 1 x 24 jam dan program infrastruktur mendesak lainnya,” tutur Bobi.

Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Buteng ini juga memprotes agenda Pj Bupati Buteng yang datang ke Talaga Raya hanya untuk membagi-bagikan bantuan. Bobi bilang, masih banyak agenda penting yang bisa dilakukan Pj Bupati disisa masa jabatannya di Buteng. Untuk urusan bagi-bagi bantuan tersebut lanjut Bobi Ertanto, seharusnya itu hanya menjadi urusan kepada OPD tehnisnya.

Penulis dan editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU