Sumpah Pemuda Mengajarkan Persatuan Diatas Perbedaan

39
Kapolres Kolaka Utara menyampaikan amanat dalam peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2022. Foto: Rusli

 

 

LASUSUA, LENTERASULTRA.COM- Peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 silam yang diperingati setiap tahunnya memberikan pelajaran bagaimana seharusnya generasi muda menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kuitur, serta berbagai kepentingan. Kebinekaan seharusnya menjadi kekuatan dan bukan sebagai faktor yang melemahkan persatuan antar antar sesama anak bangsa.

Hal ini disampaikan Kapolres Kolut, AKBP Moh Yosa Hadi SIK saat mengutip sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali pada upacara peringatan HSP ke-94 di Mapolres Kolut, Jum’at (28/10/2022).

Sejarah menjelaskan, pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. “HSP ini selalu menilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” kutip Yosa Hadi.

-IKLAN-

Bersatu mangun bangsa memberikan pesan mendalam jika bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Pemuda hari ini merupakan tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.

Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. “Harus memiliki pandangan keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan,” ujarnya

Upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan. Hal ini agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi. “Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” tutupnya.

Penulis: Rusli
Editor: Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU