Pemda Bombana Gagas Aplikasi “Rumbia Keren”

63
Kadis Kominfo Bombana, Sofyan Baco. Foto : Ist

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pemerintah daerah (Pemda) Bombana terus berupaya memberikan kemudahan kepada masyarakatnya untuk mendapatkan informasi. Pemerintah setempat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menggagas program baru yakni Rumah Publikasi dan Informasi Kegiatan Pemerintah Kabupaten Bombana (Rumah Keren).

Aplikasi yang diluncurkan Kepala Dinas Kominfo Bombana, Sofyan Baco ini merupakan aplikasi yang akan memberikan informasi publik terkait berbagai kegiatan Pemda setempat yang dilakukan oleh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bombana.

Sofyan mengatakan program “Rumah Keren” ini merupakan suatu produk aplikasi atau software yang nantinya akan terhubung dengan web resmi Pemerintah Kabupaten Bombana atau dapat diakses pada link http://rumbiakeren.bombanakab.go.id,”.

-IKLAN-

“Rumbia Keren” ini memiliki sedikit kemiripan dengan aplikasi atau software Koran Digital Kite (KONDITE) yang digagas oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pangkal Pinang. Namun, KONDITE berfokus pada publikasi berita secara umum sedangkan aplikasi atau software “RUMBIA KEREN” akan berfokus pada publikasi kegiatan pada Pemerintah Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bombana,” kata Sofyan Baco.

Aplikasi “Rumah Keren” ini sudah disosialisasikan di jajaran Pemda Bombana. Bahkan program ini sudah ditindaklanjuti dengan peluncuran aplikasi baru tersebut. Seremoni launcingnya dilaksanakan di kantor bupati dengan dihadiri sejumlah pejabat Pemda Bombana diantaranya Sekda Bombana Man Arfa, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga seluruh tenaga admin OPD.

Sofyan menegaskan ide peluncuran “Rumah Keren” ini didasari dengan minimnya informasi publik terkait kegiatan atau program kerja pemerintah daerah. “Sesuai hasil analisis menggunakan aktual, problematik, kekhalayakan, kelayakan (APKL) bahwa isu atau masalah yang memiliki pengaruh paling signifikan serta layak untuk diselesaikan yaitu minimnya informasi terkait program kerja Pemda. Dengan hadirnya proyek perubahan “Rumbia Keren” ini diharapkan bisa menjawab isu aktual tersebut,” ungkap Sofyan.

Penulis dan editor : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU