32 Anggota Pramuka Wakili Muna Barat Dalam Jambore Nasional di Cibubur, Jawa Barat

70
Sekda Mubar, Husin Tali dan Ketua Kwarcab Mubar, Raden Djamun berfoto bersama 32 anggota pramuka yang mewakili daerah pada pelaksanaan jambore nasional di Cibubur, Jawa Barat. Foto: Sri

 

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 32 anggota pramuka asal Kabupaten Muna Barat mengikuti pelaksanaan Jambore Nasional ke-XI yang akan digelar di Cibubur, Jakarta pada 14-22 Agustus 2022 mendatang.

Pelepasan peserta jambore digelar secara simbolis melalui penyerahan bendera pramuka yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, Husein Tali pagi tadi, Senin, 1 Agustus 2022 melalui apel gabungan di kantor Bupati Muna Barat.

Sekretaris Daerah, Husein Tali berharap kepada seluruh peserta untuk tetap menjaga kesehatan saat berada dibumi perkemahan Cibubur. Ia juga meminta agar peserta dapat membawa nama baik daerah itu di kanca nasional. “Saya sudah serahkan tadi bendara jadi nanti itu dikibarkan atas nama Muna Barat,” ujarnya.

Husein tali juga menambahkan, pemerintah daerah nantinya akan berkontribusi menanggung biaya transportasi dan konsumsi semua peserta beserta pendampingnya. “Pak Bupati minta 32 peserta itu gratis. Namun tidak dengan kebutuhan pribadi seperti bedak dan keperluan pribadi, yang dikasih gratis itu transportasi dan konsumsi,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Kuwarcab Kabupaten Muna Barat, Raden Djamun Sunjoto menjelaskan peserta yang akan diberangkatkan terdiri dari 2 regu putra dan 2 regu putri. Diketahui masing-masing regu terdiri dari 8 orang. Peserta itu nantinya akan diberangkatkan pada Kamis, 4 Agustus 2022 menuju Bau-Bau, lalu akan diterbangkan menuju ke Jakarta. Selanjutnya, para peserta itu nantinya akan memasuki bumi perkemahan Cibubur, Jakarta pada tanggal 14 sampai dengan 22 Agustus mendatang.

-IKLAN-

“Nanti tanggal 14 mereka masuk bumi perkemahan. Dan sebelum itu kami telah menyiapkan tempat untuk beristirahat dan mempersiapkan diri sebelum memasuki arena perkemanahan,” ujarnya.

Sebelum diberangkatan mewakili daerah ini, kata Djamun, 32 peserta yang berasal dari 11 ranting itu telah melalui tahapan seleksi terlebih dulu. Seleksi itu dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari jambore cabang yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi tahapan jambore daerah. Pelaksanaan tahapan seleksi ini bertujuan untuk dapat menghasilkan peserta Pramuka yang tangguh.

“Sebelum diberangkatkan mereka ini sudah melalui tahapan latihan yang lama dan kemudian kemarin mereka juga sudah mengikuti jambore daerah yang digelar di bumi perkemahan warangga, Muna,” jelasnya.

Djamun bilang, peserta yang terpilih tersebut telah memiliki kesiapan untuk berlaga. Untuk itu ia berharap kepada para peserta jambore itu, dapat memberi warna dikancah nasional dan dapat mengharumkan nama daerah. “Mudah-mudahan apa yang mereka tampilkan bisa menarik dan bisa membawa Muna Barat terkenal dikanca nasional,” tukasnya.

 

Reporter : Sry Wahyuni
Editor: Ode

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU