Kesbangpol Mubar Perkuat Toleransi Umat Beragama Melalui FKUB

128
Sosialisasi Kerukunan Antar Umat Beragama yang digelar Kesbangpol Mubar. Foto : Sry

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Muna Barat menggelar sosialisasi peran forum kerukunan beragama (FKUB). Kegiatan ini bertujuan memperkuat toleransi umat beragama di daerah tersebut.

Diketahui kegiatan tersebut digelar di kantor Kesbangpol Mubar, Desa Ondoke, Kecamatan Sawerigadi, Jumat, 3 Juni 2022. Kegiatan tersebut dihadiri unsur FKUB Mubar dan sejumlah tokoh lintas agama yang ada didaerah itu.

Kepala Kesbangpol Mubar, Hamse menjelaskan kegiatan itu bertujuan memerkuat FKUB sebagai forum kerukunan beragama yang membina umat beragama agar saling bersinergi dan toleransi. “Tujuannya kegiatan ini bagaimana membina antar umat beragama ini bisa sinergi bisa menciptakan toleransi sehingga lewat forum ini tidak ada perselisihan,” ujarnya.

Hamse juga menjelaskan bahwa Keberadaan FKUB hadir untuk mengantisipasi secara dini perselisihan yang timbul yang mengatas namakan ras, suku maupun agama. Untuk itu, forum ini dapat digunakan sebagai wadah diskusi dimasyarakat jika suatu saat terdapat perselisihan.

“Lewat forum ini masalah bisa terdeteksi dini dan bisa diatasi. Kemudian wadah ini juga hadir untuk mengkomunikasi persoalan yang ada, jika suatu saat persoalan muncul dengan mengatas namakan agaman maupun suku. Maka lewat tokoh-tokoh inilah persoalan ini diselesaikan,” ujarnya.

Mantan Camat Barangka itu menguraikan, untuk menunjang ketercapaian toleransi umat beragama di daerah itu, pihaknnya akan terus melakukan pendampingan terhadap tokoh-tokoh lintas agama yang ada. Ia berharap FKUB dapat membangun sinergitas dan solidaritas.

“Kami juga akan turun lapangan untuk mendampingi agar lebih merekatkan persaudaraan antara umat beragama,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Mubar, Kadek Resana mengaku sangat mendukung keberadaan forum ini dan sangat menyambut pihak Kesbangpol dalam melakukan pembinaan dalam rangka menjaga keberagaman umat beragama. “Saya sangat mendukung forum ini dan semoga kita sama-sama menjaga keberagaman kita didaerah ini,” ujarnya.

 

Reporter : Sry wahyuni

Editor : Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU