Alat Kelengkapan DPRD Muna Dirombak, Tujuh Fraksi Sampaikan Usulan, Minus Hanura

403
La Saemuna, SE, Ketua DPRD Muna. Foto : Ode

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – DPRD Muna akan melakukan perombakan susunan alat kelengkapan setelah memasuki setengah periode masa bakti 2019 – 2024. AKD yang dirombak meliputi Komisi I, II dan III, Badan Kehormatan, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, Badan Anggaran dan Badan Musyawarah.

Ketua DPRD Muna, La Saemuna menerangkan perombakan komposisi AKD dilakukan setiap masa bakti anggota mencapai setengah periode. Itu sesuai peraturan DPRD Muna nomor 1 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Muna. La Saemuna sudah meminta agar setiap fraksi sebagai representasi partai politik menyampaikan usulan AKD baru sisa masa bakti periode saat ini.

“Sesuai Tatib maka perombakan AKD terhitung saat masa bakti cukup 2 tahun 6 bulan. Dihitung dari pelantikan pada Oktober 2019, maka bulan Mei ini sudah harus ada AKD baru,” jelasnya, Kamis, 26 Mei 2022.

Kepala Sub Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Muna, Ramadan menerangkan dari delapan fraksi, tujuh fraksi diantaranya sudah mengusulkan komposisi AKD baru. Tujuh fraksi tersebut antara lain fraksi Demokrat, Golkar, PDIP, PKB, Gerindra, Nasdem PAN dan fraksi Keadilan Pembangunan. Satu fraksi lainnya Hanura belum menyampaikan usulan.

“Sampai Rabu kemarin sudah ada tujuh fraksi. Tinggal Hanura yang belum memasukan usulan,” terangnya.

-IKLAN-

Ramadan menambahkan, mekanisme penentuan AKD baru tersebut dilakukan melalui rapat paripurna. Tahapannya dimulai dari rapat pimpinan DPRD setelah seluruh fraksi sudah menyampaikan usulan. Hasil rapat pimpinan selanjutkan ditindak lanjuti ke Badan Musyawarah untuk penentuan jadwal rapat paripurna.

Dalam rapat paripurna tersebut, fraksi akan menggelar musyawarah penentuan komposisi AKD, mulai dari pimpinan hingga anggota.

“Tahapan rapat paripurnanya dimulai dari penyampaian usulan fraksi oleh pimpinan. Setelah itu discorsing dan masing-masing fraksi akan menentukan pimpinan dan anggota AKD. Setelah scorsing dicabut, hasil penentuan komposisi diparipurnakan lagi dengan agenda penetapan. Setelah itu dibuatkan surat keputusan DPRD Muna tentang AKD baru,” ujarnya.

Komposisi Pimpinan Alat Kelengkapan DPRD Muna Saat Ini

Ketua Komisi I : La Usa (Golkar)
Ketua Komisi II : Muh. Alang (PKB)
Ketua Komisi III : Irwan (Hanura)
Ketua Bapemperda : La Ode Dyrun (Golkar)
Ketua Badan Kehormatan : Awal Jaya Bolombo (Demokrat)
Ketua Banggar : Ex Officio Pimpinan
Ketua Bamus : Ex Officio Pimpinan

(Ode)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU