Jelang Mudik, Dishub Mubar Siapkan Lima Posko Hingga Usul Tambah Armada Fery Tondasi

189
La Ode Hanafi, Kepala Dishub Kab. Muna Barat. Foto : Sry Wahyuni

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Dinas Perhubungan Kabupaten Muna Barat bakal menyiapkan lima titik posko pengamanan arus mudik lebaran dan juga menambah armada penyeberangan guna mengantisipasi kepadatan penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan, La Ode Hanafi memprediksi puncak arus mudik tahun 2022 akan terjadi pada H-7 sebelum lebaran. Untuk itu pihak pemerintah menyiapkan empat titik posko pengamanan dan satu posko pelayanan. Kelima titik ini terdiri dari Bandara Sugimanuru, Pelabuhan Feri Tondasi, Pelabuhan Pajala, Tugu Lagadi, dan pertigaan Desa Latawe -Kombikuno.

“Sudah dipetakan posko pemantauan arus mudik. Berdasarkan hasil rapat lima posko ini akan aktif beroperasi mulai tanggal 25 April 2022 tepatnya H-7 lebaran,” ujarnya pada lenterasultra.com saat ditemui dikantor Bupati Muna Barat.

Hanafi menambahkan, Dishub Mubar juga menambah persiapan lain seperti penyediaan bus dibeberapa titik, yang diperuntukan bagi masyarakat yang ketinggalan kendaraan umum. Selain itu, juga terdapat rencana penambahan Armada Feri rute Tondasi -Torobulu yang masih dalam tahap pengusulan.

“Kami juga mempersiapkan bus untuk masyarakat yang ketinggalan transportasi umum. Jadi kami fasilitasi mereka agar dapat sampai ketujuan masing-masing,” ujarnya.

“Pemerintah daerah telah menyurat ke PTSD Bau-bau untuk penyedian armada baru. Rencananya armada ini akan dilakukan uji coba pada arus musik tahun ini mulai dari H-7 sampai dengan H+7 lebaran Idul Fitri. Namun, sampai sekarang belum ada balasan dari pihak sana jadi untuk armada ini belum bisa dipastikan beroperasi pada mudik tahun ini,” tambahnya.

Reporter : Sry Wahyuni

Editor : Ode

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU