Berbagai Jenis Baju Muslim Pria, Jadi Inspirasi untuk Sambut Hari Raya

217
Baju muslim pria. Net

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-
Saat hari raya, orang-orang akan mengenakan pakaian terbaiknya untuk bersilaturahmi dengan tetangga, sanak famili, dan juga kolega kerja. Baik pria atau wanita memang disarankan melakukan hal tersebut. Baju yang dipakai tidak harus baru namun setidaknya pantas untuk bertemu dengan banyak orang sekaligus menghormati kesakralan hari raya, seperti Idul Fitri atau Idul Adha.

Jika membahas pakaian muslim pria, pasti yang ada di benak tidak lain dan tidak bukan adalah jenis baju koko. Tidak bisa dihindari, baju koko memang sudah melegenda, brand yang menawarkannya juga banyak, contohnya saja Zayn. Berbagai koleksi Zayn baju muslim pria bisa didapatkan secara online di banyak marketplace, seperti Blibli. Koleksinya lengkap, metode pembayaran sangat beragam, dan terjamin keamanannya.

Baju koko memang sangat praktis digunakan, harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu sampai jutaan. Tapi jika setiap tahunnya mengusung tema yang sama, style bisa terlalu kuno. Mungkin ini saatnya cari ide fashion lain untuk lebaran mendatang. Selain baju koko, banyak juga jenis baju muslim pria yang bisa dibeli untuk hari raya, berikut deretan rekomendasinya.

1. Sherwani

Sherwani merupakan pakaian tradisional asal India yang banyak digunakan ke berbagai acara resmi, seperti menghadiri pernikahan sampai dengan silaturahmi di hari raya. Bentuknya sangat mewah dengan panjang biasanya sampai menyentuh lutut. Detailnya sangat cantik dan memang kebanyakan warnanya memberikan kesan mewah.

Di India sendiri, sherwani ini digunakan oleh orang-orang dengan strata sosial tinggi, jadi tidak mengherankan jika bentuknya cukup mewah. Tidak jarang dibuat dengan benang berwarna emas. Melengkapi atasan sherwani, biasanya dipadukan dengan celana salwar atau churidar.

Bagi Anda yang pernah menonton drama atau film Bollywood, pasti sudah tidak asing dengan model baju satu ini. Sementara di Tanah Air, masih jarang orang asli Indonesia mengenakannya, kebanyakan mereka yang masih keturunan India. Tapi tentu saja, Anda pun bisa kapan saja membelinya secara bebas dan menggunakanya untuk Idul Fitri kali ini.

2. Thobes atau Thawb

Sementara jika Anda ingin bergaya khas Timur Tengah, bisa memilih pakaian bernama Thobes atau Thawb. Ini merupakan gamis-gamis yang digunakan para pria Arab. Warnanya polos, yang banyak ditemui di negara tropis adalah putih. Namun jika musim sedang dingin, thawb warna gelap lebih disarankan karena lebih hangat.

Thawb sangat simple dan bisa dipadukan dengan aksesoris lainnya. Sebagai masyarakat Indonesia, Anda bisa memadukan baju ini dengan peci. Tapi jika ingin nuansa Timur Tengah lebih kental, bisa memakai keffiyeh atau penutup kepala motif kotak-kotak kecil yang kebanyakan memiliki warna merah dan putih.

-IKLAN-

Baju thawb ini banyak tersedia di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Oman, Maroko, dan lain sebagainya. Namun setiap wilayah memiliki ciri khas masing-masing dan mempunyai beberapa nama yang berbeda.

3. Kandura

Jika dilihat secara sekilas, sebenarnya kandura ini mirip dengan thawb namun sedikit berbeda. Kandura memiliki bentuk slim fit yang akan membentuk badan. Panjangnya juga sampai mata kaki dan biasanya tidak memiliki kerah, namun diganti dengan bordiran. Untuk bahan pembuatnya juga kain katun dengan pilihan warna-warna netral. Kebanyakan digunakan oleh para pemuda karena bentuknya yang cenderung ketat.

4. Kurta.

Selanjutnya ada model kurta yang pada tahun 2019 lalu hits di masyarakat Indonesia. Sampai sekarang masih jadi langganan jika hari raya tiba. Ini merupakan pakaian tradisional yang berasal dari Pakistan, Afghanistan, India, Nepal, dan lainnya. Bentuknya mirip dengan baju koko pada umumnya, namun memiliki panjang selutut.

Motifnya sangat beragam, ada yang polos namun tidak jarang pula ada yang bordir. Pilihan lengannya ada yang panjang dan pendek. Bahan yang digunakan untuk kurta juga sangat bervariasi, mulai dari linen, katun, sampai dengan denim.

5. Galabiyya

Galabiyya juga tidak jauh beda dengan thawb, namun ini merupakan jubah panjang yang berasal dari Mesir. Jika dibandingkan dengan thawb, potongan bajunya lebih longgar dengan detail-detail yang minimalis. Biasanya, galabiyya tidak sepenuhnya polos, ada tambahan warna berbeda di bagian kerah dan juga tangan. Karena itulah membuatnya terlihat tidak membosankan.

Pilihan bahan kainnya beragam, namun karena bentuknya yang tertutup sangat disarankan mencari yang adem dan berpori-pori. Contohnya saja berbagai macam katun, mulai dari katun paris, jepang, silk, dan lainnya.

6. Baju Kurung

Baju kurung merupakan pakaian asal Melayu yang juga banyak dipilih untuk melengkapi outfit saat hari raya. Jika pakaian koko bisa dipadukan dengan berbagai jenis bawahan, baju kurung ini tersedia dalam satu set, sehingga lebih praktis. Guna melengkapi baju kurung, biasanya dipadukan dengan kain samping atau songket yang dipakai sebagai luaran di area pinggang ke paha.

Berbagai jenis pakaian muslim pria di atas bisa dibeli dengan mudah di Blibli. Bahkan, tidak jarang harganya lebih murah dibandingkan dengan berbagai toko offline. Mereknya beragam, ada yang dari dalam negeri sampai dengan luar negeri. Semuanya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jika budget pas-pasan, jangan lewatkan flash sale atau program diskon lainnya dari Blibli. Siapa tahu, produk muslim pria incaran sedang ada potongan harga. (Ads)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU