Harga Cabai Tembus di Angka Rp125 Per Kilogram

197
Komoditas cabai yang tengah meroket. Foto: Ist.

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Menjelang tutup tahun 2021 sejumlah bahan pokok makanan mengalami kenaikan pada beberapa komoditas. Salah satu komoditas yang harganya meroket adalah cabai. Bahan makanan yang banyak digemari karena pedasnya tersebut kini tembus di angka 125 ribu rupiah per kilogram. Padahal sebelumnya dipasarkan dengan harga Rp30 ribu per kilogram.

Wati, salah satu pedagang sayur di Pasar Korem Kendari mengatakan, lonjakan harga cabai disebabkan banyaknya permintaan di akhir tahun.

“Tidak tau kenapa juga ini cabai bisa naik drastis, mungkin karena permintaan sedang tinggi-tingginya. Minggu lalu masih di harga 80 ribu sampai 85ribu, sekarang sudah di atas 100ribu,” ujar Wati, Jumat (31/12/2021).

Ia melanjutkan, semenjak harga cabai naik di angka 100 ribu rupiah, dirinya kedulitan memasarkan cabai dengan jumlah kiloan.

-IKLAN-

Tidak hanya cabai yang melonjak naik komoditas lain seperti minyak goreng juga ikut melambung tinggi. Harga minyak goreng kini berada di angka Rp24 ribu per liter dari harga yang sebelumnya Rp14ribu per liter.

Menurut informasi kenaikan harga minyak goreng dipicu oleh kenaikan harga CPO internasional. Kenaikan harga CPO sendiri terjadi sebagai akibat dari turunnya stok minyak nabati dunia, termasuk sawit. Krisis energi yang melanda beberapa negara seperti China dan India turut menggerek permintaan minyak sawit.

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU