Penguatan Modal Tantangan Terbesar Pegiat Koperasi di Sultra

178
La Isnain Lakimi, Sekretaris Dinas Koperasi Sultra

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan pelatihan peningkatan usaha kecil dan menengah pada Selasa, (2/11/2021). Pelatihan ini diadakan di salah satu hotel Kota Kendari yang bertujuan untuk peningkatan wawasan dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi.

Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian serta Kapasitas dan Kompetensi SDM Koperasi”, maka output yang ingin dihasilkan adalah agar para pelaku koperasi memiliki wawasan serta mampu mengelola koperasi dengan baik.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, La Isnain Lakimi mengungkapkan bahwa pelaku koperasi banyak mengeluhkan mengenai cara mengelola laporan keuangan dan permasalahan permodalan usaha yang sering dikeluhkan oleh para pegiat koperasi.

“Penguatan modal menjadi tantangan terbesar kita. Artinya koperasi mereka yang sudah beberapa unit usaha dan setelah itu mereka ingin kembangkan, namun persoalannya masalah permodalan. Maka kita di koperasi ada pendamping Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa memfasilitasi. Kita akan dorong ke situ terutama yang di Kota Kendari dulu,” ujarnya.

-IKLAN-

Pendamping KUR nantinya akan membantu masyarakat untuk mengurus peminjaman modal di bank. Segala hal yang berhubungan dengan berkas-berkas untuk kelengkapan pengurusan akan ditangani oleh para Pendamping KUR.

Pelatihan untuk angkatan III itu diikuti 40 pelaku UMKM yang tergabung dalam koperasi. Isnain berharap pelatihan yang diadakan ini mampu memberikan dampak positif bagi pelaku koperasi, sehingga memiliki kelengkapan pengetahuan yang mempuni terkait pengelolaan dan penguatan modal usaha.

Penulis : Mukhtar

Editor : Nuryadi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU