Dinkes Bombana Gagas Puskesmas Ruang Bermain Ramah Anak

1,026
Hj. Hayani, S.St.,M.Si (kedua dari kanan)berfoto bersama Bupati Bombana Haji Tafdil, Wakil Bupati Bombana, Johan Salim dan Kepala Dinas Kesehatan Darwin, usai peluncuran puskesmas ramah anak saat peeingata HUT Sumpah Pemuda ke-93 tanggal 28 Oktober 2021 lalu. Foto : Ist

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-  Warga Bombana yang hendak berobat tidak perlu sangsi lagi  membawa anaknya saat berkunjung di puskesmas. Sebab bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumpah Pemuda ke-93, 28 Oktober 2021 lalu, Dinas Kesehatan setempat sudah meluncurkan puskesmas ruang bermain ramah anak.

Sekretaris Dinas Kesehatan Bombana, Hj Hayami, S.St.,M.Kes menjadi penggagas program ramah anak. Puskesmas Rarowatu Utara, Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara menjadi puskesmas pertama yang dijadikan percontohan. Ditempat ini, Hayami memanfaatkan ruang kosong ukuran 3 x 4 meter yang ada di bawah tangga menuju lantai 2 sebagai tempatnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bombana Darwin, saat meresmikan fasilitas ruang bermain ramah anak di Puskesmas Rarowatu Utara. Foto : Ist

Di ruangan itu, Hayami sudah mendesain sedemikian rupa. Antara ujung tembok dengan anak tangga pertama menuju lantai dua, dibuatkan pagar dan pintu masuk yang sudah dicat warna warni. Tingginya sekitar 70-an centimeter.

Temboknya juga di perbaharui dengan aneka warna. Dari lantai hingga tinggi satu meter dicat hijau. Kemudian bagian atasnya dicat putih. Dua warna ini dibatasi warna orange. Di sejumlah dinding dihiasi dengan aneka kartun anak-anak.

Mulai dari doraemon, sincan, tom and jery, mickey mouse, spongebob hingga patrick. Sementara di lantai, juga disiapkan aneka bola kecil. Kepala Puskesmas Rarowatu Utara, Satar mengatakan ruang ramah anak di puskesmasnya juga didukung dengan faslitas alat peraga permainan anak, media informasi hingga edukasi.
“Ruang bermain ramah anak ini menyatu dengan ruang laktasi (menyusui),” katanya.

Penampakan ruang bermain ramah anak di Puskesmas Rarowatu Utara. Usai diluncurkan langsung dimanfaatkan bermain anak-anak. Foto : Ist

Hayami, Sekretaris Dinas Kesehatan Bombana mengatakan, ide pembuatan ruang bermain ramah anak digagas sebagai ruang edukasi sehingga bisa meningkatkan sistem kognitif dan motorik bagi anak-anak. Selain itu, untuk menghindari kontaminasi anak saat perawatan pasien.

“Biasanya ada pasien yang datang berobat selalu membawa anaknya hingga sampai perawatan. Nah, dengan fasilitas ruang bermain anak ini, maka pasien yang datang berobat bisa menitip anaknya sementara di ruang bermain ini hingga selesai melakukan pengobatan,” kata Hayami.

Ide ruang bermain ramah anak di Puskesmas Rarowatu Utara sudah dilauncing Bupati Bombana, Haji Tafdil saat perayaan HUT Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021 lalu. Menurut Hayami, programnya ini memang diawali di Pukesmas Rarowatu Utara, namun kedepannya akan diberlakukan di 22 puskesmas yang ada di Bombana. “Ini jadi program jangka panjangnya,” ungkap Hayami.

Penulis : Nuryadi
Editor : Nuryadi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU