RSU Bombana Luncurkan Aplikasi SimpananRaja

295

 

Bupati Bombana Tafdil (kiri) menyerahkan hape android kepada PLT Direktur BLU RSU Kabupaten Bombana, drg Riswanto (kanan). Tampak Fatmawati, SKM.,M.Kes (tengah) pencentus aplikasi SimpananRaja. Foto : Ist

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Masyarakat Bombana yang berkunjung di Rumah Sakit Umum (RSU) setempat tidak perlu lagi antri untuk mendapatkan rawat jalan. Penduduk Wonua Bombana cukup mendaftar dari rumah melalui gadget. Sebab rumah sakit plat merah itu sudah meluncurkan aplikasi sistem pendaftaran online pasien rawat jalan atau SimpananRaja.

Aplikasi ini diluncurkan oleh Fatmawati, SKM, kepala bidang penunjang medis dan non medis Badan Layanan Umum Daerah (BLU) RSU Kabupaten Bombana. Saat peringatan hari sumpah pemuda ke-93 Kamis, 28 Oktober 2021, Bupati Bombana, Tafdil telah melaunching aplikasi ini. Seremoni peluncurannya ditandai dengan penyerahan alat pendukung berupa gawai android dari Bupati kepada Plt Direktur RSU Bombana, drg Riswanto.

Mekanisme pendaftaran aplikasi Simpanan raja. Foto : Ist
Related Posts

Fatmawati bukan tanpa alasan meluncurkan aplikasi SimpananRaja ini. Dia bilang, salah satu pertimbangannya sehingga ide dan gagasannya itu dibuat adalah untuk mempermudah warga Bombana berobat atau berkunjung di semua poliklinik di RSU Kabupaten Bombana. Selain itu, untuk mengefisienkan waktu bagi penduduk Bombana saat melakukan rawat jalan, karena mereka tidak perlu lagi antri di loket pendaftaran untuk mendaftar manual.

Fatmawati, SKM ,M.Si (kiri) pencetus aplikasi SimpananRaja BLU RSU Bombana. Foto : Ist

“Yang jadi masalah utama masyarakat saat rawat jalan di rumah sakit adalah antri di depan ruang pendaftaran. Ini jadi keluhan pasien atau keluarga pasien untuk datang berobat. Dengan adanya aplikasi simpanan raja ini, pasien atau keluarganya tidak perlu antri lama lagi, cukup mendaftar dari rumah melalui hape (handphone) androidnya sebelum berkunjung ke rumah sakit,” kata Fatmawati.

Perempuan berhijab ini menambahkan untuk masuk diaplikasi SimpananRaja ini bisa diakses melalui google, chrome atau di download lewat aplikasi play store. Saat ini, dirinya tengah menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan agar bisa diakses diaplikasi tersebut. Jika aplikasi sudah diakses atau di download, pasien atau keluarga pasien akan diminta mengisi identitas diri.

Mulai nama, nomor Kartu Tanda Penduduk, user nama, nomor hape serta alamat. Setelah itu, pasien atau keluarganya login dengan memasukan user nama yang didaftar. Kemudian masuk profil akun. Disini pasien bisa mengetahui jadwal dan poli dokter. Pasien kemudian melakukan pendaftaran apakah pasien baru atau lama. Semua tahapan ini akan diterima tenaga admin di RSU Bombana. Setelah semua tahapan dilalui, keluarga pasien akan menerima notifikasi dari hape androidnya. “Notifikasi ini lah yang dibawah saat melakukan rawat jalan dan diperlihatkan kepada petugas pendaftaran,” ungkap Fatmawati.

Penulis : Nuryadi
Editor Nuryadi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU