Milenial Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat Membuat Catatan Keuangan Harian

101

LENTERASULTRA.COM – Masih banyak generasi milenial yang belum sepenuhnya memahami betapa pentingnya membuat catatan keuangan harian. Sebagian orang beralasan kegiatan ini cukup merepotkan dan menyita waktu harian. Alasan lain, orang-orang merasa jika hal ini hanya perlu dilakukan oleh mereka yang sudah berumah tangga. Padahal, siapa saja bisa melakukannya tanpa memandang status pernikahan.

Manfaat Membuat Catatan Keuangan Harian

Tidak sedikit individu yang merasa tertegun dan panik ketika memasuki akhir bulan. Pasalnya, uang yang dimiliki tinggal sedikit bahkan sudah habis diluar perkiraan. Kemudian, mulai mengingat-ngingat kemana saja uang tersebut dibelanjakan. Hal seperti ini tidak perlu terjadi jika Anda memiliki catatan keuangan harian sebagai riwayat transaksi. Ulasan lebih lengkapnya, berikut ini manfaat yang diperoleh dengan membuat catatan keuangan harian.

1. Mengetahui Kondisi Keuangan

Tujuan utama membuat catatan keuangan adalah mengetahui bagaimana kondisi keuangan yang sedang Anda alami. Ketika tahu kondisi keuangan tidak sehat atau mengalami defisit, Anda wajib melakukan evaluasi untuk mengetahui letak ‘kebocoran’. Anda akan lebih memahami riwayat terjadinya pengeluaran yang berupa kebutuhan dan sekedar keinginan.

2. Menekan Pengeluaran

Faktanya, dengan mengetahui pengeluaran bulan sebelumnya, Anda akan belajar untuk mengontrol pos pengeluaran yang tidak penting. Misalnya kebiasaan nongkrong di cafe atau belanja online melalui marketplace. Dengan begitu, Anda dapat menekan pengeluaran dan tidak terjadi lagi defisit keuangan di bulan berikutnya.

3. Mengetahui Jumlah Pengeluaran Harian

Sebelum memiliki catatan keuangan, Anda seringkali luput merencanakan berapa jumlah uang yang dikeluarkan setiap hari. Dengan adanya catatan keuangan Anda dapat memperkirakan uang yang diperlukan dalam satu hari, misalnya untuk makan siang dan transportasi. Cukup bawa uang seperlunya dan kebiasaan kecil ini membuat Anda disiplin dalam membelanjakan uang.

-IKLAN-

4. Menentukan Skala Prioritas

Memang tidak selamanya pengeluaran harian akan sama nominalnya. Di awal-awal bulan mungkin akan lebih besar karena ada beberapa alokasi dana wajib dan rutin, seperti tagihan listrik dan pembelian pulsa. Setelah pos ini diselesaikan Anda mulai memilah kira-kira apalagi yang harus didahulukan, termasuk dana investasi dan dana darurat. Dari catatan ini, Anda mulai menentukan skala prioritas yang harus didahulukan dan memangkas biaya entertainment yang berlebihan.

5. Perencanaan Keuangan

Catatan keuangan harian merupakan bagian dari budgeting. Ketika Anda telah lulus dalam tahapan ini, akan ada keinginan untuk merencanakan keuangan jangka panjang dan merasa lebih percaya diri karena memiliki pemikiran keuangan yang lebih baik.

Membuat Catatan Keuangan Harian dengan Fitur Modern di Aplikasi Senyumku

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Pepatah ini berlaku bagi Anda yang belum membuat catatan keuangan harian. Mungkin Anda seringkali malas melakukannya karena dilakukan secara manual, ditulis menggunakan buku secara konvensional.

Solusi untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan fitur Catat yang ada di aplikasi Senyumku. Fitur ini membantu Anda untuk membuat catatan keuangan harian, mulai dari uang tunai, e-wallet, serta akun perbankan lain. Prosesnya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan registrasi di website atau aplikasi Senyumku. Nantinya, Anda bisa langsung mengakses fitur catat dengan cara membuat akun wallet-mu dengan mengklik “+ Wallet”. Kemudian, pilih metode dari fitur ini dengan Pencatatan Basic atau Bank Fetching. Terakhir, pilih wallet dari uang tunai (cash), e-wallet dan/atau akun perbankan (bank account) sesuai kebutuhan.

Sebagai informasi, Senyumku merupakan aplikasi perbankan revolusioner untuk membantu Anda melakukan berbagai kegiatan finansial. Kemudahan mulai dari menabung, bertransaksi, dan mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas dan simpel hanya dengan bantuan smartphone. Aplikasi ini dapat membantu generasi milenial dalam mencapai tujuan keuangan.

Catatan keuangan harian dapat menjadi indikator kemampuan kita dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, juga dapat menjadi self control untuk memilah setiap pengeluaran yang benar-benar diperlukan dan tidak. Yuk, mulai catat setiap pemasukan dan pengeluaran dengan menggunakan fitur Catat Senyumku!

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU