Upacara HUT RI di Kendari Ditutup dengan Pemberian Bantuan UKM Terdampak Covid-19

140
Upacara peringatan HUT RI ke-76. Foto: Humas Pemkot Kendari. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat, Pemerintah Kota Kendari melangsungkan upacara peringatan HUT ke-76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/08/2021). Meski digelar dalam suasana rintik hujan, namun upacara yang berlangsung di lapangan Rumah Jabatan Wali Kota Kendari ini berlangsung khidmat. Tak seperti daerah lainnya yang menggunakan formasi Paskibraka lengkap, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sejak sebelumnya telah memutuskan, upacara hanya melibatkan empat anggota Paskibraka.

Tak ada kerumunan, bahkan upacara juga dilakukan dengan melibatkan sejumlah pejabat sebagai petugas upacara. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bertindak sebagai inspektur upacara, Kapten Infantri Yan Patete sebagai komandan upacara, Asisten Administrasi Umum Kota Kendari Agus Salim, sebagai Perwira Upacara, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, sebagai pembaca Teks Proklamasi, dan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Zainal Mustamin.
Upacara ini juga diikuti oleh para pejabat eselon II dan III Lingkup Pemerintah Kota Kendari, sementara camat dan lurah mengikuti upacara secara daring dari kantor masing-masing. Dalam arahannya, Sulkarnain Kadir mengatakan bahwa para pendahulu bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia bukan bangsa yang mudah menyerah. Bangsa yang kokoh dan mau saling bahu-membahu untuk membangun bangsa. Hal ini harus menjadi contoh dan semangat bagi para generasi muda untuk melanjutkan apa yang telah ditorehkan oleh para pahlawan tersebut.
“Mudah-mudahan momentum peringatan HUT RI ke-76 ini dapat memperkokoh kembali persaudaraan, persatuan dan kesatuan antar anak bangsa Indonesia. Kita dilahirkan berbeda-beda, mari kita jadikan perbedaan ini sebagai rahmat. Mari kita mengambil pelajaran dari para pahlawan syuhadah bangsa kita bahwa apapun situasi yang kita hadapi, kalau kita bersatu dan kokoh, maka kita akan mampu menghadapinya”, ungkapnya.
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Upacara ini kemudian ditutup dengan penyerahan bantuan kepada perwakilan Usaha Kecil Mikro (UKM) terdampak Covid-19. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para pelaku UKM yang terdampak Covid-19, serta dapat menumbuhkan jiwa patriotisme masyarakat Kota Kendari dengan saling membantu terhadap masyarakat yang lebih membutuhkan.

 

Reporter: Ilma

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU