Sambut HUT RI ke-76, Peserta Paskibraka di Buteng Latihan Intensif

917
Peserta Paskibraka Buteng saat menjalani latihan. Ist.

BUTENG, LENTERASULTRA.COM – Sebanyak 70 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), giat lakukan latihan intensif. Hal ini sebagai persiapan menyambut upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 yang dipereringati setiap tanggal 17 Agustus.

Seperti diketahui, peserta Paskibraka Buteng ini merupakan hasil seleksi terpilih dari tingkat SMA/sederajat di tujuh Kecamatan di Buton Tengah. Kini mereka tengah melakukan pelatihan yang melibatkan TNI-Polri dari Koramil 1413 Gu dan Polsek Lakudo sejak 2 Agustus lalu. Selama pelatihan, peserta Paskibraka akan diseleksi menjadi pasukan 17 atau pengiring pemandu, pasukan 8 pembawa bendera dan pasukan 45/pengawal.

Dinas Pemuda dan Olahraga Buton Tengah, melalui Kabid Pengembangan Pemuda, Israin mengatakan,  upacara perayaan Hut RI ke-76 tahun 2021 telah dipersiapkan dengan maksimal sesuai arahan pemerintah pusat dan peserta Paskibraka telah usai diseleksi ditiap sekolah tingkat SMA/sederajat. Kini peserta Paskibraka telah menjalani latihan dan pembinaan dari anggota Koramil Gu dan Polsek Lakudo.

Peserta Paskibraka Buteng saat mengikuti pelatihan oleh polisi dan anggota TNI. Ist.

“Kesiapan peserta Paskibraka telah rampung sekitar 70 persen dan ini merupakan hasil pelatihan dan pembinaan oleh pelatih dari Koramil dan Polsek Lakudo hingga pagi dan sore. Jumlah peserta Paskibraka tahun ini 70 orang serta ditambah empat dari anggota TNI dan Polri,” kata Israin, Minggu (8/8/2021).

-IKLAN-

Selain peserta Paskibraka Buteng yang menjalani latihan, terdapat ada tiga siswa-siswi terbaik yang diutus untuk mengikuti latihan Paskibraka tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ada tiga peserta yang mewakil Buton Tengah mengikuti Paskibraka di provinsi yaitu siswa dari SMA 1 Talaga, SMA 3 Gu Lakapera dan MAN 1 Lakudo. Semoga peserta yang diutus dapat memberikan yang terbaik untuk Buteng,” ujarnya.

Latihan intens peserta Paskibraka Buteng. Ist.

Israin menambahkan, para peserta Paskibraka Buteng ini mendapatkan fasilitas penginapan dan uang saku dari Bupati Buteng, H. Samahuddin. Hal ini untuk memberikan kenyamanan dan memenuhi seluruh kebutuhan peserta. Serta sebagai bentuk perhatian agar menjadi semangat peserta Paskibraka di Buteng maupun utusan provinsi.

“Tahun ini peserta Paskibraka memiliki keistimewaan dari bapak Bupati mulai tempat tinggalnya ditempatkan di hotel sekitaran Lakudo dan diberi uang saku sebesar Rp1 juta untuk tiap peserta. Ini tentunya menambah semangat untuk adik-adik Paskibraka,” tutupnya. (Adv)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU