Dibangun China, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi 2022

232

 

BANDUNG, LENTERASULTRA.COM – Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Allan Tandiono mengungkapkan bahwa kereta cepat Jakarta-Bandung siap beroperasi tahun depan. Demikian diungkapkan Allan kepada  Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau sejumlah terowongan yang menjadi perlintasan kereta cepat tersebut. Total terowongan pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sebanyak 13 terowongan.

“Minggu ini sudah 8 terowongan yang tembus dan targetnya diakhir tahun semua terowongan selesai, sehingga target menuju masa operasi di akhir tahun depan,” jelas Allan saat menemani Jokowi di lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, Selasa (18/5/2021).

Sementara itu, Presiden Jokowi berharap kereta cepat tersebut dapat terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sehingga menciptakan efisiensi.

“Dengan begitu, ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan, dan kita harapkan ini bisa menjadi sebuah daya saing,  competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain,” kata Jokowi, dikutip dari asiatoday.id.

Tak hanya itu, Jokowi juga berharap ada transfer teknologi dari proyek kereta cepat ini, sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman yang di Jakarta-Bandung,” imbuhnya. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU