Indonesia Siap Pimpin Wisata Halal dan Ramah Muslim di Dunia

194

Aceh Targetkan Investasi Rp42 Triliun dari Uni Emirat Arab

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang ramah muslim. Melansir dari asiatoday.id, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat, pada 2019 sekitar 20 persen dari 14,92 juta turis asing yang datang ke Indonesia merupakan wisatawan muslim.

Saat ini perkembangan wisata ramah muslim telah memasuki fase pasar global. Dengan demikian, pengembangan moslem friendly tourism wajib dijalankan, guna mendorong Indonesia menjadi pemimpin dalam wisata ramah muslim di dunia. Lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating menyebutkan ada 5 destinasi moslem friendly tourism  Indonesia yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

Lombok 

Lombok merupakan salah satu tujuan wisata ramah muslim yang ada di Indonesia selain memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Lombok pernah menduduki peringkat pertama wisata halal di Indonesia versi “Indonesia Muslim Travel Index” (IMTI) 2019. Tidak hanya itu, Lombok juga pernah menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya World’s Best Halal Beach Resort dalam World Halal Tourism Award 2016. Saat ini terdapat sekitar 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal.

Ditambah lagi, Lombok memiliki 25 situs heritage  Islam, 98 dari 161 moslem friendly attraction, 7 islamic event, dan 11 paket tur wisata halal.

Aceh 

Di Aceh, para pelancong dapat mengunjungi tujuan wisata unggulan seperti Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga berbagai pantai cantik yang akan melengkapi liburan di destinasi ramah muslim ini.

Sumatera Barat 

Pada World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih 3 penghargaan, yaitu World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination. Di daerah ini telah terdapat pembangunan rumah ibadah di seluruh destinasi wisata sebagai bentuk keseriusan mengoptimalkan potensi wisata ramah muslim di Sumatera Barat.

 

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Berbagai fasilitas destinasi berbasis ramah muslim tersedia di tempat ini. Di Kepulauan Riau, salah satu tujuan wisata favorit umat muslim adalah Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.

DKI Jakarta 

DKI Jakarta masuk menjadi salah satu wisata ramah muslim di Indonesia. Di tempat ini, fasilitas hotel halal sangat lengkap. Terdapat 510 hotel dengan sertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah. Jakarta juga memiliki 7.795 masjid, 20 situs heritage Islam, dan 19 muslim friendly attraction. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU