Kemenag Sultra Pantau Hilal Hari Ini di Kolaka

229
Situasi pemantauan hilal untuk memutuskan kapan awal puasa 1442 hijriah dimulai. Ist 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, memantau pergerakan hilal hari ini (12/04/2021) untuk memastikan kapan umat Islam memulai Ramadan 1442 hijriyah. Terdapat 86 titik lokasi pemantauan di Sultra. Namun sesuai keputusan Kemenag pemantauan dilakukan di Pantai Wolulu, Kolaka. Hal itu dikarenakan lokasinya yang sangat strategis, tidak terhalang gunung maupun bukit dan diyakini mampu memudahkan tim melihat hilal karena berada di -4° 26′ 17.25′ lintang selatan dan 121° 31′ 1.19 bujur timur.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Fesal Musaad mengutarakan, pemantauan hilal merupakan salah satu hal yang utama dalam rangka memutuskan dan menentukan kapan umat Islam memulai ibadah Ramadan setiap tahunnya.

Related Posts

PKS Menang Besar di Dapil Kabaena

“Pemantauan hilal merupakan sesuatu yang penting untuk diketahui kapan awal puasa dilakukan 2021 ini. Kami bersama Tim Rukyatul Hilal di Sultra akan serentak melakukan pemantauan hilal di 86 lokasi. Adapun hasil pemantauan hilal nanti akan dibahas dalam sidang Isbat (penetapan) sebelum menentukan awal Ramadan tahun 2021. Hasil Rukyatul Hilal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat di Jakartauntuk kemudian diambil keputusan penentuan kapan awal bulan Ramadan sekaligus untuk menentukan awal masyarakat melaksanakan ibadah puasa,” lanjutnya.

Fesal menambahkan, dalam rangka melaksanakan pemantauan hilal nantinya akan dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ketat serta memperhatikan prosedur Rukyatul Hilal 1 Ramadan 1442 hijriah berupa salat hajat, memohon keselamatan dan kelancaran, kemudian jumlah peserta dibatasi maksimal 10 orang serta senantiasa jaga jarak aman. (B)

Reporeter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU