Motor Listrik ‘Gesits’ Resmi Mengaspal di Sultra

540
Motor listrik Gesits yang hadir dalam tiga pilihan warna. Ist. 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Motor listrik berbasis baterai, Gesits, kini telah siap mengaspal di Sultra. Kehadiran motor yang digadang-gadang sebagai moda transportasi dengan kualitas energi bersih dan ramah lingkungan ini diresmikan langsung oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, pada (27/02/2020). PT Wika Industri Manufaktur selaku manufaktur dan principal motor listrik, menegaskan, Gesits hadir untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan mengurangi ketergantungan impor bbm, yang akan berdampak positif dalam mengurangi tekanan pada neraca pembayaran akibat impor bbm. Selain itu, terwujudnya kualitas energi bersih dan ramah lingkungan serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca.

Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur, Muhammad Samyarto optimis, sosialisasi motor listrik Gesits di Sulawesi Tenggara adalah momentum yang baik memperkenalkan karya inovasi anak bangsa.

Motor listrik Gesits diungkapkannya telah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dari Kementerian Perhubungan RI sehingga sudah layak untuk digunakan masyarakat umum dan dapat diterbitkan STNK/BPKB layaknya sepeda motor konvensional saat ini. Dengan mengombinasikan keamanan, performa dan efisiensi, motor ramah lingkungan ini memiliki biaya operasional yang cukup murah dan tanpa service rutin. Untuk pengechasan baterai cukup simple dan dapat dilakukan di colokan listrik biasa layaknya mengisi daya baterai telepon genggam atau laptop. Biaya listrik yang dibutuhkan hanya sebesar dua ribuan rupiah untuk menempuh jarak 50 kilo meter.

BACA JUGA:  Imbas Covid-19, Ribuan Pekerja di Sultra Dirumahkan

Gesits juga dilengkapi tenaga puncak 5 kilowatt. Dengan tenaga sebesar ini Gesits mampu mengangkut dua penumpang dan tiga mode berkendara. Namun dari sisi kecepatan Gesits dibatasi sampai dengan 70 kilometer/jam. Menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 kwh untuk satu baterai dan dapat digunakan dengan dua baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara tiga hingga empat jam. 30 menit pertama dapat menempuh jarak 10 kilometer.

Gesits memiliki fitur double disk brake, transmisi pulley, suspensi belakang monoshock, LED daytime running lights, HID projector head lamps. Selain itu, Gesits juga dilengkapi dengan digital dashboard  yang dapat  terkoneksi  dengan  aplikasi ponsel  pengendara.

BACA JUGA:  Calon Prajurit Tamtama dapat Sumbangan 730 Rapid Test Gratis

“Gesits adalah kolaborasi pemikiran dari anak terbaik bangsa dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara, seperti PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi, PT Pindad, PT Len, PT Wika Industri Energi, dan PT PLN. Hal ini membuktikan bahwa tingkat pemikiran dan karya Indonesia sanggup bersaing dalam kompetisi inovasi dan teknologi tinggi global yang ketat,” ujarnya.

Saat ini, Gesits hadir dalam tiga warna, yaitu merah, hitam dan putih. Keunggulan lainnya, Gesits didukung dengan layanan purna jual yang sangat akomodatif dan terseber di seluruh dealer-dealer Gesits di seluruh Indonesia. Gesits juga akan bekerja sama dengan bengkel-bengkel yang tersebar di  Indonesia agar akses  terhadap  suku cadang  dan  servis menjadi  lebih  mudah.

“Gesits adalah inovasi yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami tidak akan pernah berhenti menghadirkan inovasi guna membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Reporter: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU