Guru di SMP Satap SMPN2 Kambowa Ajarkan Cara Unik Berbahasa Inggris Tanpa Harus Keluar Rumah

1,131
Guru Bahasa Inggris di SMP Satap SMPN 2 Kambowa, Anita Karolina, S.Pd. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Seorang guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Satap, SMPN 2 Kambowa mengajarkan cara unik belajar Bahasa Inggris yang mudah. Hal itu dilakukan agar anak didiknya dapat menguasai dasar-dasar Bahasa Inggris tanpa harus keluar rumah di tengah pandemi Covid-19.

Guru Bahasa Inggris di SMP Satap SMPN 2 Kombawa itu bernama Anita Karolina, S.Pd. Saat mengajar di sekolah yang terletak di Kelurahan Lahumako, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sultra, ia harus menempuh perjalanan sejauh tujuh kilometer. Tak ada rasa lelah, jalan rusak terlebih-lebih saat hujan turun tak pernah memudarkan tugas dan tanggungjawabnya demi generasi muda yang ia didik.

“Sudah tanggung jawab kita sebagai guru,” ucapnya dalam sambungan telepon, Sabtu (7/11/2020).

Menurutnya, kondisi siswa untuk belajar Bahasa Inggris begitu rendah. Harus ada cara dan strategi untuk mengakali siswa yang mulai terkontaminasi dengan game di telepon genggam mereka. Ia pun mencari cara hingga akhirnya menemukan sebuah aplikasi bernama Kids Spelling Matching.

“Aplikasi ini berbentuk permainan. Siswa harus memasangkan kata dengan gambar yang ada dalam Bahasa Inggris. Tidak perlu lagi belajar di luar atau ikut kursus apalagi suasana sementara Covid-19,” imbuhnya.

Guru yang akrab disapa Nita itu menjelaskan, semakin banyak pemasangan yang cocok, levelnya juga akan meningkat. Di aplikasi tersebut juga terdapat cara pengucapan yang benar di masing-masing kosa kata. Tentunya dapat meningkatkan kemampuan pronounciation. Uniknya lagi, permainan berbasis android itu dapat digunakan meski tidak ada jaringan, cukup diunduh di play store.

“Alhamdulillah, siswa mulai tertarik belajar Bahasa Inggris dengan aplikasi itu. Bisa sambil rebahan di rumah saja. Tetapi, bentuk edukasi lain tetap saya lakukan agar hubungan dengan siswa terus terjalin,” pungkasnya. (Ads/Herlis Omputo Sangia).

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibubapakpakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU