Aktifitas Penyelam di Tengah Pandemi Covid-19, Antara Tantangan dan Ancaman

687
Aktifitas penyelaman oleh anggota LDC. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pandemi Covid-19 belum bisa teratasi memberikan ancaman yang sangat besar bagi aktifitas pariwisata tanpa terkecuali wisata bahari khususnya kegiatan penyelaman. Pada awal Pandemi seluruh kegiatan wisata selam ditutup secara menyeluruh, mengakibatkan banyak kerugian bagi pelaku usaha pariwisata.

Ketua Langkoe Diving Club (LDC) Sulpian Sahdatun Kasim mengatakan, selama hampir delapan bulan lebih adanya pandemi ini, masyarakat tak bisa bepergian dengan leluasa karena khawatir tertular atau membawa virus, khususnya bagi pencinta diving.

“Masalahnya lebih rumit lagi, karena kegiatan ini bergantung sekali dengan alat bantu pernapasan. Seperti snorkel dan regulator, yang merupakan bagian dari alat pernapasan, yg memiliki bagian yang harus dimasukkan ke mulut penggunanya. Oleh karena itu pemerintah juga memperketat terkait kegiatan penyelaman,” ungkapnya.

Tantangan utama kegiatan pariwisata khusunya kegiatan penyelaman di masa pandemi yaitu berkurangnya wisatawan akibat adanya ketakutan tertular pandemi Covid-19.

“Sehingga pelaku usaha yang bergerak di bidang penyelaman mesti lebih bekerja keras lagi untuk meyakinkan wisatawan ataupun memberikan rasa aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Sulpian.

Di sisi lain dengan berkurangnya kegiatan penyelaman memberikan dampak ekonomi yang begitu besar terutama pada pelaku usaha yang seluruh kegiatannya bergantung pada wisata selam.

Ia juga berharap semoga pandemi ini cepat berakhir, sehingga bisa beraktifitas lagi seperti biasa. Khususnya kegiatan penyelaman bisa berjalan lagi dengan lancar dan selalu memperhatikan protokol kesehatan. Harapan selanjutnya para pelaku usaha di sektor pariwisata dan wisata selam pada khususnya ekonominya bisa pulih kembali sebagaimana mestinya sebelum adanya pandemi ini.
(Ads/Iksan Maligano)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU