Dokter Spesialis Paru RS Bombana, Penularan Covid-19 Mudah Diputus, Tipsnya Terapkan 3 M

17.305
Dokter Wahyudi
Dokter Wahyudi, Sp.P di RSUD Bombana

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sulawesi Tenggara terus mengalami peningkatan. Sesuai data dari Dinas Kesehatan Sultra, hingga Senin (2/10/2020), warga Bumi Anoa yang positif Covid-19 sebanyak 4.673 orang.

Dari empat ribuan orang yang terpapar virus asal China ini, sebanyak 3.391 dinyatakan sembuh, 1.203 orang masih dalam perawatan serta 73 orang meninggal dunia. Meningkatkan penduduk Sultra yang positif Covid-19 tak luput dari amatan dokter Wahyudi.

Kata dokter spesialis paru (Sp.P) RSUD Bombana ini, melejitnya pasien positif Covid-19 bisa jadi disebabkan karena progresifnya pemerintah di Kabupaten, Kota dan Provinsi melakukan pelacakan terhadap pasien-pasein yang dicurigai kontak dengan pasien Covid-19.

Langkah ini sambung dokter Wahyudi, merupakan tindakan yang sangat baik untuk segera memutus rantai penularan covid 19. Meski kasus melejit, dokter Wahyudi menegaskan jika Covid-19 bukan aib atau memalukan, namun wajib diwaspadai.

Sebab, penyakit yang sudah mewabah di berbagai negara ini,
bisa menjangkiti siapa aja tanpa melihat batasan usia, profesi, atau siapa saja yang diduga memiliki imunitas yang tidak baik atau mengalami penurunan imunitas (daya tahan tubuh).

Namun pandemi Covid-19 ini kata Wahyudi, bisa dengan mudah dicegah oleh masyarakat dengan memakai prinsip 3 M. Mulai dari wajib memakai masker setiap beraktivitas di luar rumah, wajib mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta wajib menjaga jarak. “Covid-19 ini mudah sekali diputus penularannya, jika prinsip 3 M itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

BACA JUGA:  PT Antam Salurkan Ribuan Sembako Tahap Tiga

Sementara bagi warga yang terkena wabah Covid-19, Wahyudi juga turut memberikan tips. Diantaranya,
tetap semangat dan berfikiran positif bahwa, bisa sembuh dan kembali berkumpul dengan keluarga. Jangan stres, serta makan makanan bergizi untuk memperkuat imunitas. “Semoga virus Covid ini, akan cepat berakhir dan semua penduduk dunia dapat beraktivitas normal kembali. Amiin Ya Rabbal Alamin,” ungkap Wahyudi. (Ads/Adhi)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Pesan Redaksi:
Mari bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Lenterasultra.com mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan protocol kesehatan di setiap aktifitas sehari-hari. Ingat pesan ibu, pakai masker, selalu mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

 

Komentar Facebook

-IKLAN-

Get real time updates directly on you device, subscribe now.