Sapi Kurban Presiden Jokowi di Kendari Seberat 1 Ton

417
Sapi kurban Presiden Joko Widodo di Kendari. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Presiden RI, Joko Widodo kembali berkurban di Sulawesi Tenggara. Kali ini, sapi kurban Presiden Joko Widodo berbobot 1 ton, dan akan disembelih di Masjid Raya Al Kautsar,  Jumat (31/07/2020).

Hewan kurban tersebut dibeli dari salah seorang peternak, Suyatno (38) dari Desa Lawoila, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan dengan harga Rp80 juta rupiah. Oleh pemiliknya, sapi tersebut diberi nama Upin. Sehari-harinya, Upin membutuhkan makanan hingga 50 kilogram rumput atau dua kali lipat dibandingkan sapi lainnya.

“Hanya satu ekor saja setiap provinsi yang dibeli sama presiden ini dari Desa Lawoila Kecamatan Konda, Konsel. Harganya 80 juta. Pemesanannya dipercayakan kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan Sultra,” ujar Kepala Sekertariat Masjid Agung Al-Kautsar Kendari, Wahid Mursalin.

Pihak Dinas Pertanian dan Perkebunan Sultra kemudian bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk melakuka pengecekan kesehatan, berat, dan syarat-syarat kurban lainnya.

BACA JUGA:  Kejuaraan Batal, Tim Taekwondo Sultra Pulang Kecewa

Untuk diketahui, berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Agama Kota Kendari hewan kurban Kota Kendari sebanyak 915 sapi dan 235 kambing, dengan rincian, Kota Kendari 32 ekor sapi dan delapan ekor kambing, Kendari Barat 116 ekor sapi dan 20 ekor kambing, Mandonga 24 ekor sapi dan lima ekor kambing, Puuwatu 43 sapi dan tujuh ekor kambing, Kadia 52 ekor sapi dan12 ekor kambing, Wua Wua 57 ekor sapi dan dua ekor kambing, Baruga 73 ekor sapi dan lima ekor kambing, Kambu 165 ekor sapi dan 170 ekor kambing, Poasia  50 ekor sapi dan 10 ekor kambing, Abeli 18 ekor sapi dan dua ekor kambing. (B)

BACA JUGA:  Santri Gontor Asal Muna Barat Positif Covid-19

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ruangan komen telah ditutup.

error: Content is protected !!