PLN Jamin Pasokan Listrik 6 Proyek Smelter di Indonesia

943

 

 

Interkoneksi listri di Sulawesi —Foto: PLN Sulselrabar—

JAKARTA,  LENTERASULTRA.COM – PT PLN (Persero) menjamin pasokan energi listrik untuk perusahaan-perusahaan industri pengolahan dan pemurnian (smelter) minerba dengan kapasitas mencapai 722 megawatt (MW).

Komitmen PLN tersebut ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN dan enam perusahaan smelter tersebut.

Enam perusahaan yang telah menandatangani SPJBTL yakni PT Sebuku Iron Lateritic Ores di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 30 mega volt ampere (MVA), PT Parenggean Makmur Sejahtera di Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 40 MVA, PT Ceria Nugraha Indotama di Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 412 MVA.

Kemudian, PT Bintang Smelter Indonesia di Provinsi Sulawesi Tenggara sebesar 100 MVA, PT Huadi Nickel Alloy di Provinsi Sulawesi Selatan sebesar 190 MVA, dan PT Kapuas Prima Citra di Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 2,5 MVA.

“Kami ingin sampaikan bahwa PLN siap mendukung industri smelter dengan listrik yang surplus dan andal,” ujar Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini secara virtual dikutip Asiatoday.id, Kamis (16/7/2020).

Selain itu, PLN mengikat nota kesepahaman atau MoU dengan tujuh perusahaan smelter, yaitu PT Aneka tambang, PT Ang And Fang Brother, PT Mahkota Konaweeha, PT Dinamika Sejahtera Mandiri, PT Kalbar Bumi Perkasa, PT Gulf Mangan Grup, dan PT Kobar Lamandau Mineral dengan kebutuhan listrik sebesar 395 MW.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang menyaksikan kerja sama tersebut mengatakan penandatanganan jual beli listrik ini merupakan bentuk kerja sama yang saling membutuhkan antara PLN dan industri smelter.

“Penandatanganan jual beli ini juga menjadi bentuk dukungan PLN terhadap pertumbuhan industri di Indonesia, sekaligus meningkatkan konsumsi listrik per kapita Indonesia,” kata Arifin.

Kementerian ESDM mendorong dan memfasilitasi perusahaan smelter untuk mendapatkan dukungan pendanaan, seperti PT Ceria Nugraha Indotama yang mendapatkan komitmen penyediaan pendanaan dari bank. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU