Kapal China Serang Kapal Nelayan Vietnam di Laut China Selatan

620

 

Kapal Nelayan Vietnam. —ist—

HANOI, LENTERASULTRA.COM – Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan dua kapal China menyerang sebuah kapal nelayan Vietnam di Laut China Selatan (LCS). Selain itu, kapal China tersebut menyita hasil tangkapan dan peralatan kapal nelayan Vietnam.

“Insiden ini terjadi pada Rabu lalu di dekat Kepulauan Paracel,” kata Kemenlu Vietnam dalam pernyataan, melansir NHK sebagaimana dikutip Asiatoday.id, Senin (15/6/2020).

China mengklaim hampir semua wilayah Laut China Selatan, termasuk Kepulauan Paracel. Namun, Vietnam dan beberapa negara lain di Asia Tenggara juga secara tegas menyatakan kedaulatan mereka atas pulau-pulau tersebut.

Akibat insiden ini, Vietnam meminta pihak China untuk menyelidiki masalah ini. Pasalnya, kapal Vietnam tersebut bisa tenggelam dan membahayakan nyawa para nelayan.

Pada April lalu, Vietnam memprotes China atas insiden lain. Sebuah kapal nelayan Vietnam ditabrak dan ditenggelamkan kapal pengintai maritim China di dekat Pulau Paracel.

Vietnam juga sudah mengeluarkan pernyataan akhir bulan lalu yang memprotes pengumuman China.

Beijing mengatakan telah mendirikan dua distrik administratif baru di Laut China Selatan, yakni di Kepulauan Paracel dan Kepulauan Spratly. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU