Indonesia Buka Kembali Wisata Candi Borobudur

527

 

Candi Borobudur. —Foto:damarnuranda-borobudurpark—

SEMARANG, LENTERASULTRA.COM Setelah sekian lama ditutup akibat adanya pandemi coronavirus (Covid-19), wisata Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah kembali dibuka.

Tentunya, protokol kesehatan pencegahan covid-19 akan diterapkan bagi para wisatawan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan Candi Borobudur akan menjadi proyek percontohan penerapan protokol kesehatan covid-19 pada semua destinasi wisata di provinsi berpenduduk 37 juta tersebut.

“Minggu ini boleh buka untuk seratus wisatawan dulu,” ujar Ganjar di Magelang, Rabu (10/6/2020).

Candi Borobudur ditutup bagi wisatawan sejak 20 Maret 2020. Nantinya setiap wisatawan yang berkunjung ke candi terbesar se-Indonesia itu akan diperiksa kondisi kesehatannya sejak di pintu gerbang sampai depan anak tangga pertama Candi Borobudur.

“Dari awal peraturannya sangat rigid. Saya harap masyarakat tahu meski nanti akan ada panduan. Ini akan jadi obat rindu. Kehati-hatian tetap kita lakukan,” imbuhnya.

Menurut Ganjar, mengutip Asiatoday.id, prosedur protokol kesehatan dimulai dari pintu gerbang. Petugas akan menyemprotkan cairan disinfektan terhadap setiap kendaraan yang hendak masuk ke kawasan wisata.

Sedangkan bagi pengunjung wajib mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan. Demikian juga saat membeli tiket masuk, pengunjung harus memasuki bilik disinfektak untuk sterilisasi. Jaga jarak juga wajib dilakukan.

“Pengunjung yang suhu badannya mencapai 37,8 derajat dipersilakan balik kanan. Kita akan coba dari awal agar bisa menyiapkan SOP wisata yang aman sehingga tidak ada penularan. Semoga ini memberi informasi kepada masyarakat,” terangnya.

Pengelola Candi Borobudur harus konsisten menerapkan protokol kesehatan covid-19 selama 14 hari sejak resmi dibuka untuk umum. Pengunjung Candi Borobudur pun dibatasi hanya untuk lima ribu orang setiap hari.

“Kita lihat selama 14 hari. Kalau konsisten ada penurunan akan kita buka seterusnya,” tandasnya. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU