Bantu Cegah Covid-19, BPSDM Sultra Gelar Rapid Tes Peserta Latsar CPNS

787
Peserta latsar CPNS yang sedang melakukan rapid test. Foto: Herlis Omputo Sangia.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Guna membantu Pemerintah Provinsi Sultra dalam pencegahan Covid-19, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melalukan rapid test kepada peserta Latsar CPNSD Kabupaten Konawe Kepulaun dan Buton. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu hotel Kendari, (11/06/2020).

Tampak tim Satgas Covid-19 ber-APD lengkap bersama anggota dari BPSDM melakukan rapid tes kepada peserta Latsar CPNS sebelum melakukan ujian aktualisasi akhir dalam berapa hari ke depan.

Diungkapkan Ketua BPSDM Sultra, Nur Endang Abbas, rapid tes ini dilakukan kepada seluruh peserta Latsar CPNS dari dua daerah yang berbeda.

“Ada dua wilayah yaitu Kabupaten Konawe Kepulauan dan Buton. Pesertanya sebanyak 91 orang dari KOnawe Kepulauan dan 22 orang lainnya berasal dari Buton. Untuk pembimbing sebanyak 12 orang dan pengujinya juga 12 orang,” ujarnya, Kamis (10/06/2020).

Dia juga mengatakan bahwa BPSDM Sultra akan melaksanakan pelatihan akhir latsar tetapi seluruh peserta wajib mengikuti rapid test sebelum mengikuti ujian tersebut. Tidak hanya itu, Nur Endang Abbas juga mengatakan bahwa rapid test tersebut sudah dilakukan sejak 7 Juni, 9 Juni dan terakhir hari ini 11 Juni 2020.

“Kita lakukan ini sudah beberapa hari lalu. Kemarin itu ada ada 85 orang tapi sejauh ini semuanya non reaktif,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta latsar CPNS yang merupakan guru di SMPN 1 Wawonii Timur, La Ode Yamin mengatakan,  dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPSDM ini. Meskipun sebelumnya sudah melakukan rapid tes di daerah masing-masing, namun hal ini dianggap lebih baik sebagai upaya pencegahan Covid-19.

“Kita sudah dirapid mi sebenarnya di lokasinya kita. Tapi, baik lagi dengan adanya agenda seperti ini. Jangan sampai ada peserta yang melakukan kontak atau tertular waktu di perjalanan,” kata La Ode Yamin.

Untuk diketahui, rapid tes ini dilakukan oleh pihak BPSDM sendiri bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra. Tim medis yang membantu berasal dari RSUD Bahteramas. (C)

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU