Laboratorium Kesehatan Kota Kendari Buka Pelayanan Rapid Tes Gratis Setiap Hari

1,846
Ketgam: Ilustrasi.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebagai upaya pemerintah dalam menekan laju peningkatan kasus Covid-19, Labolatorium Kesehatan Daerah Kota Kendari (Labkesda) menyediakan layanan rapid test setiap hari secara gratis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dugaan adanyan infeksi virus terhadap seseorang sehingga bisa dilakukan swab tenggorok jika hasilnya reaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, dr. Laode Rabiul Awal mengatakan, rapid tes yang dilakukan setiap hari ini bertempat Labkesda Kendari, Jalan Kapten Piere Tandean, nomor 53, Baruga, Kota Kendari. Rapid tes ini selain bagian dari skrining, juga untuk masyarakat yang telah melakukan perjalanan.

“Rencanaya setiap hari sampai ada kebijakan atau regulasi baru, khususkan bagi yang membutuhkan keterangan untuk keperluan bagi pelaku perjalanan. Tapi secara umum juga bagian dari skrining itu sendiri secara random, karna kalau reaktif, akan dilanjutkan dengan swab,” imbuhnya.

Dokter ahli bedah alumni Universitas Hasanuddin tersebut juga mengatakan bahwa rapid tes gratis ini akan dimulai pada pukul 09.00-15.00 Wita. Untuk alokasi per hari sebanyak 100 orang.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Kemarin 101, hari ini 108. Alhamdulillah semuanya nonreaktif,” ujarnya.

Untuk melakukan rapid tes tersebut, syaratnya hanya menggunakan KTP. Petugas akan melakukan pendataan terkait tujuan periksa apa, nomor telepon dan beberapa pertanyaan lainnya. Jika hasilnya sudah keluar, kemungkinan perlu dilakukan langkah-langkah follow-up sesuai hasil RDT.

Perlu diketahui bahwa pemeriksaan rapid tes ini menggunakan sampel darah, untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi. Dengan begitu, pasien pada tahap awal infeksi dapat diidentifikasi lebih cepat. (B)

Reporter: Herlis Ode Mainuru

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU