Donald Trump akan Relokasi Sejumlah Industri Amerika dari China ke Indonesia

14.176

 

Kemesraan Trump dan Jokowi –ist–

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana merelokasi sejumlah pabrik Amerika dari China ke Indonesia menyusul hubungan antara kedua negara itu yang tidak akur.

Donald Trump mengungkapkan rencananya itu saat berbicara langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu melalui sambungan telepon.

“Presiden Jokowi sudah berbicara dengan Presiden Trump tentang relokasi industrinya. Sekarang Presiden Trump memilih bekerja sama dengan Indonesia, karena Amerika tidak akur dengan China,” terang Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berdialog di stasiun RRI seperti dikutip Asiatoday.id, Minggu (10/5/2020).

Menurut Luhut, dirinya pun telah diperintahkan oleh Presiden Jokowi untuk menjalin komunikasi dengan pembantu Presiden Trump, untuk membahas tindak lanjut rencana tersebut termasuk kesiapan lahan.

“Kita akan siapkan lahan seluas 4.000 hektare untuk menampung relokasi pabrik AS dari China,” jelasnya.

Luhut menyampaikan, lokasi indutri tersebut berada di Jawa Tengah. Nantinya, kawasan itu akan ditetapkan sebagai kawasan zona ekonomi eksklusif khusus untuk industri farmasi.

“Saat ini sedang kita persiapkan dan saya sudah bicara dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo,” ujarnya.

Luhut mengungkapkan, industri farmasi dan alat medis menjadi konsen pemerintah, karena setelah kejadian wabah corona ini terlihat bahwa ketergantungan alat medis dari luar negeri sangat tinggi. Bahkan, sekitar 90 persen lebih didapatkan dari impor.

“Industri kesehatan kita reformasi lebih bagus. Kita sadar farmasi itu 90 persen impor. Ini menjadi konsen presiden juga. Kita ingin agar dibuat dalam negeri,” kata Luhut.

Sebelumnya, pada Jumat (24/4/2020), Presiden Donald Trump menelepon Presiden Jokowi. Hal tersebut diungkapan Trump lewat akun Twitter. Trump mencuit lewat akun @realDonaldTrump.

Trump menyebutkan bahwa dirinya membahas kerja sama soal ventilator, dan pihaknya akan membantu pengadaan ventilator untuk Indonesia.

“Baru saja berbicara dengan teman saya. Presiden Indonesia Joko Widodo. Menanyakan ventilator yang akan kami persiapkan. Kerja sama yang bagus antara kita,” tulis Trump dalam akunnya @realDonaldTrump. (ATN)

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ruangan komen telah ditutup.

error: Content is protected !!