Imbas Corona, PD Pasar Kendari Kehilangan Setengah Pendapatan

558

 

Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar. Foto: Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pandemi Corona Virus (Covid-19), membuat lesu perkonomian. Dimana setidaknya terdapat 2870 orang pekerja di Sulawesi Tenggara (Sultra) dirumahkan dan 96 kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Hal itu berdasarkan data dari Dinas Ketenaga Kerjaan Provinsi Sultra, (30/4/2020).

Kondisi serupa juga berimbas pada
penurunan pendapatan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari.

Hal itu dibenarkan langsung oleh Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar. Ia mengatakan, Semenjak corona mewabah, PD pasar kehilangan setengah pendapatan mereka

“Sejak Pandemi Corona menghantui, pendapatan kita yang biasanya mencapai 100 persen, kini jadi 50 persen,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/5/2020).

Terkait soal angka pasti penurunan, pihaknya enggan untuk membeberkan lebih jauh. Menurutnya penurunan pendapatan ini, lebih kepada aktivitas jual-beli yang tidak seramai seperti biasanya sebelum pandemi Covid-19.

“Konsumen kita sedikit dan pedagang saat ini banyak berdiam diri di rumah melakulan social distancyng. Kita berharap semoga pandemi ini cepat berakhir,” katanya.

Selain itu juga, faktor yang mempengaruhi yaitu suplay barang-barang kebutuhan pokok terbatas. Dikarenakan pasokan dari luar daerah tidak melakukan aktivitas pengiriman di beberapa pasar tradisional ditengah wabah corona. Sehingga aktivitas pedagang di pasar tradisonal pun ikut terganggu.

Lanjutnya, untuk menjaga kesehatan para pedagang yang berjualan di pasar. pihaknya memperketat protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Meski saat ini pasar tetap buka. Tapi tetap harus menjaga kewaspadaan Covid-19. Para pedagang di pasar dianjurkan untuk menggunakan masker, hand sanitizer dan di pasar juga dilengkapi dengan fasilitas cuci tangan. (B)

Reporter: Nanan
Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU