Permudah Akses, Pemda Bombana Luncurkan Situs Informasi Covid-19

1,068

 

Pemda Bombana meluncurkan situs resmi terkait update covid-19 di Kabupaten Bombana. Foto: Istimewa

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM – Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bombana Provinsi Sultra, meluncurkan situs resmi terkait informasi penyebaran Covid-19 di daerah itu, Jumat (10/4/2020).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bombana, Heriyanto mengatakan situs ini untuk mempermudah satgas dalam bekerja sekaligus sebagai media informasi yang dapat diakses setiap saat oleh masyarakat.

“Jadi yang pertama mempermudah satgas bekerja, karena yang kemarin itu sistem pelaporannya kita akan mengirim habis ditulis tangan baru dikirim, jadi pakai manual. Saat ini kita (Satgas,red) punya data cukup mengetik di handphone Android bisa dikirim,” terangnya kepada lenterasultra.com, Sabtu (11/4/2020)

“Begitu juga dengan masyarakat akan lebih mudah mengakses perkembangan Covid-19 di Bombana,” sambungnya.

Related Posts

Ia menjelaskan, satgas memiliki jejaring sampai tingkatan dusun. Mereka bekerja memantau pintu masuk sehingga jumlah orang yang masuk di wilayah itu dapat diketahui.

Saat di lapangan kata dia, para petugas akan membuat laporan manual kemudian akan diinput oleh admin yang ada di setiap desa.

“Jadi ada dua admin, yakni admin umum dan admin kesehatan. Admin umum menginput identitas orang. Setelah masuk ditindaklanjuti oleh tenaga kesehatan desa, melalui perawat atau bidan,” jelasnya.

Selanjutnya, tenaga kesehatan akan memeriksa yang bersangkutan, apakah ada gejala klinis seperti batuk, demam dan lainnya. Setelah itu datanya akan diinput oleh survailans kecamatan ke Dinas Kesehatan.

“Jadi Dinas Kesehatan yang mengumpulkan data dan mereka yang menentukan statusnya, apakah di karantina mandiri, atau monitoring berdasarkan data-data yang masuk dari teman-teman yang ada di desa atau kelurahan,” tandasnya. (P8/B)

Berikut alamat websitenya http://covid19.bombanakab.go.id

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU