Wujudkan Generasi Saintis Unggul, HMPS Biologi Gelar S3

796

 

Foto bersama setelah pembukaan S3 Biol ke III. (Eni Eka Wisda)

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sebagai upaya mewujudkan generasi saintis yang unggul dan berkompeten dalam bidang biologi di era 4.0, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO), menggelar Serba Serbi Sains Biologi (S3 Biol) ke III.

Untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA) sederajat Se-Sulawesi Tenggara (Sultra), bertempat di Aula Jurusan Biologi, sejak 12-15 Maret 2020.

Saat ditemui, Dekan FMIPA UHO, Ida Usman mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan yang dihelat HMPS Biologi terkait penalaran yang terbilang cukup besar yakni mencakup sekolah yang ada di Sultra.

“S3 Biol dapat mendukung peningkatan kualitas Prodi maupun institusi, karena kegiatan ini persiapan reakreditasi nanti,” terangnya, Kamis, (12/03/2020)

Ia pun berharap agar kedepannya S3 Biol dapat diselenggarakan lagi dengan berbagai item lomba yang lebih banyak serta lebih meriah lagi pesertanya.

Related Posts

“Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa khususnya terkait penalaran, semoga ini bisa memotivasi siswa untuk belajar dan mencari hal-hal baru,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Muhammad Ismail mengatakan, S3 Biol merupakan kegiatan tahunan serta merupakan program kerja HMPS Biologi Jurusan Biologi FMIPA UHO.

Ia menjelaskan, ada 6 item lomba mulai Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Poster Ilmiah, Olimpiade Biologi, Lomba Cepat Tepat (LCT), Sains Fotografi serta Sains Videografi, yang dihadiri 114 peserta dari 5 kabupaten/ kota di Sultra yakni Kolaka, Konawe Utara (Konut), Muna, Buton serta Kendari.

“S3 Biol memasuki tahun ketiga, antusias peserta semakin meningkat dari 47, 105 sampai 114 peserta. Apalagi lombanya setiap tahun semakin beragam,” ucapnya.

Itu dilakukan, sambungnya, untuk meningkatkan kreatifitas siswa yang dapat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM), bukan hanya di bidang teknologi saja, melainkan dalam bidang saintis di era 4.0 ini.

“Lomba ini tidak semata-mata mencari juara, melainkan menghasilkan generasi muda berkualitas di bidang saintis,” pungkasnya. (C/P10)

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU