Antisipasi Bencana Alam dan Musibah Kapal Tenggalam, Potensi SAR Dilatih 72 Jam

659

 

Potensi SAR saat dilatih di air. Doc SAR Kendari

KENDARI,LENTERASULTRA.COM – Mengantisipasi bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra), Basarnas Kendari memberi pembekalan tentang teori dan tehnik kepada 60 orang potensi SAR yang baru dari Polri, TNI, mahasiswa dan relawan yang selalu melibatkan diri ketika terjadi musibah dan bencana alam.

Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari dengan materi yang diberikan yakni teori kelas sebanyak 19 jam dan praktek lapangan sebanyak 53 jam.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, menjelaskan, para potensi SAR yang diberi pelatihan selama 7 hari tersebut dilatih oleh instruktur Basarnas Kendari dan instruktur Badan SAR Pusat.

Related Posts

“Kami selalu mencari bibit-bibit atau potensi yang baru SAR setiap tahunnya dan dibekali semua ilmu yang dibutuhkan di saat terjadi bencana atau peristiwa yang membutuhkan tenaga SAR,” katanya usai menutup secara resmi Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Air, Minggu (1/3/2020).

Aris menambahkan di setiap pelatihan potensi SAR, tidak semua peserta yang dilatih, terdaftar yang mambantu basarnas saat terjadi bencana alam. Ini membuktikan bahwa Basarnas Kendari serius mencari para potensi SAR yang ada di Sultra yang saat rentang terjadi bencana alam dan peristiwa seperti kapal tenggelam dan beberapa kejadian lainnya.

“72 jam dari 60 potensi sar yang dilatih, dua dinyatakan tidak berpotensi namun pelatihan selanjutnya tetap kami akan libatkan. Mungkin saja dua rekan tersebut belum fokus menerima materi dan praktek di lapangan,” jelasnya.

Kedua peserta itu, tidak lulus dikarenakan tidak memenuhi jam pelajaran yang telah disepakati dan disampaikan sebelum pelatihan berlangsung. Pasalnya, 60 potensi SAR yang dilatih wajib mengikuti pelatihan sebanyak 72 jam pelajaran yang merupakan salah satu syarat kelulusan selain ujian tes di akhir pelatihan.

Aris berharap semua peserta yang dinyatakan lulus oleh instruktur dapat membantu tugas pelaksanaan operasi SAR seperti pada pertolongan di air sesuai dengan standar penyelamatan dan memiliki pola pikir serta pola tindak. (C/P5)

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU