Bupati Tafdil Ubah Peringkat SAKIP Bombana dari CC Menjadi B

466
Bupati Bombana Haji Tafdil (dua dari kanan) usai menerima penghargaan SAKIP Award dari Men PAN-RB Tjahjo Kumolo. Foto-Ist

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM– Satu persatu kesuksesan Haji Tafdil dalam mengelola daerah otoritanya diakui pemerintah pusat. Setelah mampu memperbaiki pelayanan publik dari zona merah menjadi hijau, serta membenahi opini pengelolaan keuangan dari disclemer menjadi WTP, Bupati Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) itu, sukses mengubah peringkat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di wilayahnya dari predikat CC menjadi B.

Atas keberhasilan dan kesuksesannya itu, suami Andi Nirwana, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, daerah pemilihan Sultra ini, diganjar penghargaan SAKIP Award 2019, dari Kementrian Pendayagunaan, Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemen PAN RB). Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bombana itu, dinilai mumpuni
menyajikan data sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan di wilayahnya.

BACA JUGA:  Pertemuan Komisi V DPR RI dengan Gubernur Sultra, Protokol Kesehatan Diperketat

Piagam penghargaan diterima langsung Bupati Bombana, H. Tafdil, dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020). Pemberian SAKIP Award merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan pemerintah daerah melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui SAKIP. “Alhamdulillah kinerja kita selama ini mendapat penghargaan SAKIP Award dari Kemen PAN,” kata Tafdil, usai menerima sertifikat Award dari Kemen PAN-RB.

Bupati Bombana ini menambahkan, pemberian sertifikat Award itu akan menjadi spirit, untuk terus meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran guna mewujudkan dimensi pembangunan yang lebih baik. Penghargaan SAKIP Award yang diraih Pemda Bombana tahun 2019 ini mengalami lonjakan jika dibandingkan tahun lalu. Jika di 2018 lalu SAKIP di otorita Haji Tafdil itu mendapat nikai CC dengan skor 50,23 maka ditahun 2019 ini naik level ke B dengan skor 62.

BACA JUGA:  Perjuangkan Transparansi Anggaran Covid-19 Berujung Pelaporan, Apakah Rahim Pelaku Kriminal?

Dalam rapor tersebut, Men PAN- RB,Tjahjo Kumolo, juga memberikan rekomendasi sebagai panduan bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kepentingan masyarakat.

Penulis : Adhi

Komentar Facebook

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU