12 PNS Berebut Jabatan Kepala Dinas Kominfo Sultra, Tiga Diantaranya Berpendidikan Doktor

3,051
PJ Sekretaris daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad P.B (tengah) saat memantau tahapan asesmen seleksi JPTP Pemprov Sultra. Foto-Ist

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara saat ini tengah melaksanakan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Lelang terbuka di otorita pimpinan H. Ali Mazi itu, digelar untuk mengisi posisi kepala Dinas, Badan dan Kepala Biro di 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kursi Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo), merupakan salah satu jabatan yang turut dilelang.

Jabatan yang kini dikendalikan Syaifullah sebagai pelaksana tugas (Plt), sepertinya cukup seksi dan menjadi primadona. Indikator ini terlihat dari banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melamar sebagai Kepala Dinas Kominfo Sultra. Bahkan instansi ini, tercatat sebagai salah satu dari 12 OPD yang banyak pelamarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sultra, La Ode Mustari mengatakan, dari 12 OPD yang dilelang, ada dua instansi yang lebih dari 10 pendaftarnya. Salah satunya adalah Dinas Kominfo. “Sampai tahap asesmen ini, pelamarnya (Dinas Kominfo) masih berjumlah 12 orang,” kata Mustari saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, lokasi asesmen 12 jabatan eselon dua Pemprov Sultra, Rabu (19/2/2020).

Berdasarkan data yang diperoleh wartawan lenterasultra.com, 12 PNS yang melamar sebagai calon kepala Dinas Kominfo Sultra tidak hanya berasal dari lingkup PNS Pemprov Sultra, namun ada juga  abdi negara yang berasal dari sejumlah Kabupaten di Sultra. Selain itu, dari segi jabatan, calon pelamar Kadis Kominfo Sultra tidak hanya dilirik pejabat struktural di level eselon tiga, namun ada juga yang tengah menduduki jabatan Kepala Dinas di Kabupaten lain. Rinciannya, dua pelamar menduduki jabatan Kepala Dinas di Pemda Wakatobi dan Muna, dua tengah menjabat sekretaris Dinas di Pemda Muna dan Badan di Pemprov Sultra, enam menjabat kepala bidang di enam OPD di Pemprov Sultra sedangkan dua sisanya merupakan staf di sekretariat daerah Buton Selatan dan Pemprov Sultra.

Sementara dari segi pendidikan, dari 12 calon pelamar Kepala Dinas Kominfo Sultra, tiga diantaranya berpendidikan strata tiga (S3) atau Doktor, tujuh pelamar berpendidikan strata dua (S2) atau Magister sementara dua calon JPTP berpendidikan strata satu (S1) atau Sarjana. 12 Calon kepala Dinas Kominfo ini merupakan peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan sudah mengikuti asesmen selama tiga hari, sejak Senin-Rabu (17-19 Februari 2020). Setelah itu, mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya, setelah pemeriksaan hasil asesmen diterima pihak panitia seleksi (Pansel) JPTP.

Penulis : Adhi

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU