Gedung Bappeda Lama Sultra Ludes Terbakar

1,014

 

Situasi kebakaran di Gedung Bappeda lama. Foto: P5

KENDARI,LENTERASULTRA.COM- Sebuah gedung bekas Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Sultra (Bappeda) ludes dilahap si jago merah, Senin (10/2/2020).

Gedung yang kini ditempati menjadi gedung Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Provinsi Sultra ini terbakar sekitar pukul 22:15 WITA. Api membakar gedung kesekretariatan DPM- PTSP yang terletak di Jalan Mayjend S Parman, Kemaraya, Kota Kendari.

Menurut saksi mata, Nasir (60), sekitar pukul 22.15, dia melihat kepulan asap di dalam di bagian tengah gedung kesekretariatan. Namun dirinya mengira kepulan asap itu karena sisa tumpukan sampah yang dibakar.Namun selang beberapa menit kemudian, tiba-tiba api mulai menyala dan membakar bagian atas gedung.

“Saya kira asap itu sisa sampah atas kertas yang dibakar, kemudian langsung ada api cepat sekali terbakar” ungkapnya saat diwawancarai.

Diduga, bangunan gedung yang sudah tua ditambah dengan adanya berbagai berkas penting didalamnya membuat api dengan cepat membakar. Terlihat tidak ada orang yang berada di dalam gedung saat insiden kebakaran terjadi.

Sementara itu, saksi lainnya, mengatakan, diduga kebakaran terjadi karena korsleting. Pasalnya, salah seorang pegawai di kantor itu sempat melaporkan adanya kabel yang sering koslet.

“Gedung ini memang sudah tua, kabel- kabel arus listrik didalamnya sudah cukup lama belum diganti,” kata saksi yang tidak ingin disebutkan namanya.

Sekitar enam unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sementara itu, tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kadis Damkar Kota Kendari, Junaidin Umar mengatakan, tak ada kendala yang dihadapi selama proses pemadaman.

“Kita hanya mengantisipasi jangan sampai api ikut membakar gedung dan rumah warga yang berada dis sekitar gedung tersebut,” pungkasnya (A/P5).

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU

10 Kadis di Bombana Dimutasi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Setelah lebih kurang empat bulan digodok, hasil job fit (seleksi pejabat eselon) di Pemkab Bombana, Sulawesi…